Ulik Manfaat Tanaman Sawi Langit Untuk Pengobatan Tradisional

/

Tidak banyak yang mengenal tanaman sawi langit. Ini adalah tanaman liar berbunga ungu kecil yang rupanya memiliki banyak manfaat, termasuk untuk bahan pengobatan tradisional. Kali ini kita akan mencoba mengulik lebih jauh soal manfaat tanaman sawi langit ini untuk kesehatan.

 

Seperti Apa Sebenarnya tanaman Sawi Langit?

Tanaman sawi langit memiliki bentuk khas berupa daunan yang berkoloni dengan bunga yang menjuntai tinggi berkelopak ungu cerah dan berukuran kecil. Bentuk daunnya yang berkoloni dan bunganya yang tinggi menjulang ini menyebabkan orang secara awam menyebutnya sebagai sawi langit.

Secara ilmiah tanaman ini disebut dengan Cyanthillium cinereum dan sebenarnya tidak berkerabat sama sekali dengan tanaman sawi sawian. Ini termasuk jenis tanaman perdu liar yang biasa tumbuh bebas di ladang dan lahan perkebunan. Acapkali dianggap gulma namun sebenarnya kaya akan khasiat. Memiliki batang sedikit berbulu dengan daun daun kecil di sepanjang daun yang tumbuh selang seling.

 

Bagaimana Mengambil Manfaat Tanaman Sawi Langit Untuk Pengobatan Tradisional?

Ada banyak manfaat tanaman sawi langit ini untuk bahan baku pengobatan tradisional. Dipercaya dalam tanaman ini terkandung unsur anti inflamasi, anti piretik, anti parasit, analgesik alami dan efek anti kanker.

Ini berkat kandungan sesquiterpenoid yang bekerja sekaligus sebagai anti inflamasi dan analgesik. Kandungan alkaloid di dalamnya yang tinggi juga dapat berperan sebagai anti bakteri dan anti parasit. Ada masih banyak unsur anti oksidan di dalamnya yang menjadikan manfaat tanaman sawi langit.

Dan untuk menjadikan tanaman sawi langit ini sebagai terapi pengobatan tradisional. Berikut adalah sejumlah panduan yang bisa Anda coba sebagai rekomendasi.

Terapi untuk demam dan batuk

Untuk mendapatkan manfaat tanaman sawi langit untuk pengobatan demam dan batuk ringan, Anda bisa coba rebus sekitar 15 gram daun sawi langit segar yang telah Anda cuci terlebih dulu hingga bersih.

Masak daun sawi langit tadi bersama air sekitar 4 gelas, sampai tersisa air setengahnya saja. Angkat dari kompor dan dinginkan, baru kemudian disaring setelah dingin. Air rebusan ini bisa Anda minum sehari 2 kali masing masing 1 gelas. Padukan bersama madu atau gula batu untuk memberi rasa manis pada ramuan.

Pengobatan tradisional untuk disentri

Disentri biasanya disebabkan oleh efek bakteri, dan sawi langit dikenal baik untuk mengatasi infeksi bakteri. Selain daun sawi langit juga bisa menjadi serat yang baik untuk membantu memadatkan kotoran yang terlalu lunak.

Siapkan daun sawi langit sekitar 30 gram untuk kemudian di tumbuk kasar. Pastikan daun sudah dicuci bersih terlebih dahulu sebelum Anda tumbuk. Kemudian rebus bersama air sekitar 3 gelas, sampai tersisa 1 gelas.

Kemudian angkat dan dinginkan rebusan tadi, untuk kemudian disaring setelah dingin. Peras sisa daun yang sudah lumat kasar tadi supaya sari sarinya terlarut dalam air rebusan. Kemudian bagi dua air rebusan tadi dan minum sehari dua kali.

Manfaat tanaman sawi langit untuk terapi obat luar

Ternyata daun sawi langit juga bisa Anda manfaatkan untuk terapi pada luka terbuka, memar, bisul dan keseleo. Adapun caranya adalah dengan mengambil sekitar 20 gram daun sawi langit segar yang telah dicuci bersih. Kemudian tumbuk halus daun sawi langit tadi.

Tambahkan air panas sekitar 100 ml kemudian aduk merata. Diamkan sesaat dan peras seluruh ramuan tadi sampai tersisa air yang kental. Diamkan lagi air kental tadi sampai dingin kemudian gunakan sebagai salep atau obat oles.

 

Itulah sedikit gambaran mengenai manfaat tanaman sawi langit dan bagaimana menggunakannya sebagai pengobatan tradisional. Temukan lebih banyak info seputar pengobatan tradisional dan bahan bahan herbal alami lain dalam laman deherba.com.