Tips Membuat Kemasan Makanan Terbaik dan Unik untuk Memikat Calon Konsumen

/

Melihat berbagai jenis produk makanan yang ada saat ini, tentunya semakin membuat pemilik industri makanan terus berinovasi dari segi produk hingga kemasan makanan agar bisa menarik konsumen untuk membeli. Nah, apakah anda salah satunya? Supaya bisnis makanan anda bisa memikat calon konsumen, yuk ketahui beberapa tips membuat kemasan makanan berikut ini.

Melakukan Riset Kemasan

Tahukah anda bahwa ternyata bukan pangsa pasar saja lho yang harus diriset, namun kemasan makanan pun perlu melalui tahap meriset. Tujuan dilakukannya hal ini adalah agar dapat menghindari kemasan dari kesalahan yang bisa saja mengarah kepada plagiat. Apalagi itu adalah kemasan yang berasal dari kompetitor yang memang telah lama di dunia kuliner. Selain itu, tujuan dilakukannya riset ini adalah agar dapat menghindari anda dari kesalahan fatal ketika membangun bisnis makanan.

Pemilihan Warna dengan Tepat

Ketika membuat kemasan makanan, maka sangatlah disarankan agar memilih warna dengan tepat. Karena kebanyakan konsumen tidak hanya melihat bentuk produknya saja, namun juga melihat warnanya. Maka dari itu, sudah saatnya anda memilih warna yang bagus, misalnya saja warna hijau yang menggambarkan kesehatan dan kesegaran. Selain itu, anda juga bisa menambahkan warna lain supaya ketika dipadukan bisa menjadi kemasan makanan yang menarik dan eye catching bagi yang melihatnya.

Membuat Kemasan Makanan yang Praktis untuk Konsumen

Nah, nilai nyaman terhadap kemasan ini tentunya mengacu dari bentuk pembungkus tersebut. Ya, seperti kebanyakan orang yang ada saat ini, yang sangat mementingkan kenyamanan dari segi ukuran kemasan makanan. Yang jelas bahwa ukuran yang tidak begitu besar maupun yang mudah dibawa kemana saja bisa menjadi nilai tambah tersendiri dari konsumen. Tidak hanya itu saja, kepraktisan dari kemasan produknya pun bisa menjadi pilihan untuk konsumen itu sendiri.

Buatlah Fungsi Kemasan

Dapat dikatakan bahwa cetak kemasan yang mempunyai fungsi tersendiri bisa menjadi daya tarik oleh para konsumen. Untuk itu, sudah saatnya anda membuat kemasan makanan yang mempunyai daya guna lebih. Misalnya saja kemasan yang bisa dipakai kembali setelah isi di dalamnya habis. Selain itu, anda bisa mencetak kemasan yang mempunyai fungsi untuk melindungi produk. Seperti melindungi produk dari paparan sinar matahari yang dapat merusak kemasannya.

Pilih Bahan Kemasan Makanan yang Aman 

Tips terakhir adalah dengan memperhatikan bahan yang digunakan pada kemasannya. Tentunya anda harus menjaga higienitas makanan yang akan dijual kepada konsumen. Sesuaikan pula dengan karakter produk makanan yang ingin dijual dan pastinya aman pula untuk kesehatan konsumen. Misalnya saja anda ingin menjual “Coconut Water”, maka tidak ada salahnya untuk memilih kemasan dari batok kelapa. Pastinya konsumen akan tertarik untuk membelinya karena bahan yang digunakan berasal dari bahan alami.

 

Itulah beberapa tips yang perlu anda ketahui ketika ingin membuat kemasan makanan. Tidak hanya fokus terhadap desain saja, tetapi anda juga perlu memperhatikan kelayakan dari sebuah kemasan makanan. Jangan sampai kemasan yang dipilih dapat merusak isi produk. Maka dari itu, sangatlah penting untuk terlebih dahulu melakukan pengecekan sebelum kemasan digunakan.