Tips dan Trik Sukses Jualan di Tokopedia untuk Para Pelaku Bisnis Pemula

/

Tips dan Trik Sukses Jualan di Tokopedia untuk Para Pelaku Bisnis Pemula – Salah satu marketplace yang ramai sekali digunakan masyarakat Indonesia adalah Tokopedia. Sudah beberapa tahun Tokopedia tercatat memiliki pengguna dan pengunjung tertinggi dibanding pesaingnya. Hal itu pula yang membuat persaingan antar pemilik toko menjadi begitu ketat, terutama untuk pemula yang baru terjun ke bisnis online seperti ini. Sebagai anak baru, Anda harus memiliki strategi yang matang sejak awal tentang bagaimana cara jualan di Tokopedia. Jika penasaran, coba ikuti trik dan tips berikut ini.

Cara Menggaet Pelanggan di Tokopedia

  1. Lengkapilah profil toko dengan benar

Yang dimaksud dengan profil toko adalah mulai dari nama akun toko Anda, deskripsi toko, hingga foto yang Anda pasang sebagai avatar toko. Semua komponen tersebut harus dibuat dengan lengkap, rapi, benar, dan meyakinkan. Bagaimana caranya? Pertama, gunakan nama toko yang baik, jangan alay. Hindari penggunaan nama menggunakan huruf dan angka yang bercampur seperti ToKoSie_C4nt1ek dan sejenisnya.

Selain itu, deskripsi toko Anda juga isilah dengan lengkap dan jelas, jangan bertele-tele. Misalnya, Anda jualan kosmetik maka bisa diberi deskripsi seperti; Menjual kosmetik ori anti kw. Anda bahkan bisa menyelipkan alamat toko fisik jika diperlukan. Sedangkan untuk foto avatar, usahakan memakai logo toko Anda sendiri. Sebaiknya tidak memasang foto selfie yang gonta-ganti untuk menunjukkan profesionalisme Anda.

  1. Gunakan foto dengan kualitas baik, jangan malas mengedit

Salah satu kesalahan seorang penjual baru adalah mereka malas mengedit foto jualan. Padahal, tampilan foto sangat memengaruhi ketertarikan konsumen. Apabila Anda adalah seorang dropdipper, ada baiknya tidak langsung menggunakan foto dari supplier begitu saja. Jika produk Anda adalah produk umum, yang bisa dicari fotonya di website resminya, kunjungi saja website resmi produk tersebut dan gunakan foto dari mereka. Apabila Anda bukan dropsipper, ada baiknya memotret sendiri dagangan Anda. Banyak contoh-contoh gambar di internet yang bisa Anda jadikan referensi untuk memotret.

  1. Susun etalase toko dengan rapi dan teratur

Di Tokopedia ada fitur etalase yang seharusnya bisa Anda manfaatkan. Untuk menarik lebih banyak pengunjung dan membuat toko Anda terpercaya, jangan malas menata etalase toko dengan rapi. Pasang produk paling menarik dengan harga terjangkau supaya pengunjung mudah kepincut dagangan Anda.

  1. Selalu beri respon yang baik dan cepat

Pembeli toko online selalu menginginkan sesuatu yang cepat, inilah mengapa ketika mereka menanyakan sebuah pertanyaan, mereka juga butuh respon yang cepat dari Anda. Terlalu lama menjawab chat pelanggan akan membuat mereka lari ke toko lain yang lebih pasti. Selain itu, usahakan untuk menjawab pertanyaan pelanggan dengan bahasa yang baik dan tidak terkesan jutek. Memanjangkan jawaban lebih disarankan ketimbang sekadar memberi respon seperti, ‘ya’ atau ‘tidak’ saja.

  1. Tentukan niche toko

Niche(ceruk) atau yang mudahnya adalah jenis dagangan Anda harus jelas. Jangan menjual berbagai jenis barang sehingga menimbulkan kebingungan bagi pelanggan. Jangan campur antara jualan kosmetik dan makanan, atau elektronik dengan produk bayi. Hal ini akan membuat sasaran pasar Anda sulit dijangkau.

  1. Rajin update barang

Melakukan update barang juga sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Jumlah stok harus selalu update supaya pembeli tidak merasa kecewa karena barang impiannya habis.

  1. Rajin promote

Di Tokopedia sendiri sebenarnya Anda bisa melakukan promote gratis. Jangan lewatkan kesempatan itu untuk menarik konsumen baru.

  1. Gunakan Software Scraper

Agar lebih memudahkan anda dalam mengupload produk secara banyak sekaligus, maka di sarankan anda menggunakan scraper tokopedia saja. Ini tools penting agar proses jualan anda lebih cepat dan hemat waktu.

Intinya, untuk jualan di Tokopedia sebenarnya sangat mudah. Fitur aplikasinya pun sudah lengkap, tinggal bagaimana Anda menggunakannya dengan rajin dan tepat. Jika Anda bisa rajin upload foto di medsos, mengapa untuk jualan tidak?