Ternyata Ini Manfaat Lemon untuk Kulit Wajah

/

Lemon adalah salah satu buah yang sering disebutkan dalam dunia kecantikan. Ini tidaklah mengherankan sebenarnya mengingat buah yang kulitnya berwarna kuning ini memang mempunyai banyak manfaat, baik untuk kulit wajah maupun untuk kulit tubuh secara keseluruhan. 

Manfaat lemon untuk wajah dan kulit tubuh tentunya tidak terlepas dari berbagai kandungan yang ada di dalamnya. Diantara kandungan-kandungan tersebut ialah vitamin C, asam sitrat atau citric acid, magnesium, kalsium dan juga kalium.

lemon

1. Sebagai Antibakteri

Kulit, termasuk kulit wajah adalah bagian yang paling luar yang rentan terkena polusi, debu dan juga kotoran. Akibatnya, bakteri dan kuman akan sangat mudah menempel pada kulit. Sedangkan lemon, dengan kandungan unsur polifenolnya bisa menghalau bakteri dan kuman tersebut.

Hal ini dikarenakan unsur polifenol itu berperan sebagai antibakteri dan juga antioksidan. Diantara bakteri yang bisa dihalau oleh buah yang rasanya asam ini ialah Klebsiella pneumonia, E coli, Salmonella typhi dan Bacillus subtilis.

2. Mengatasi Masalah Pigmentasi pada Kulit

Warna kulit yang tidak merata memang sangat tidak menyenangkan, namun rupanya lemon juga bisa mengatasinya. Hal ini dikarenakan lemon mempunyai kandungan pemutih alami yang sanggup meratakan warna kulit.

3. Membasmi Sel Kulit Mati

Sel kulit mati tidak seharusnya dibiarkan saja, sebab bisa menyumbat pori-pori apabila sudah menumpuk. Jika masih terus dibiarkan, dalam jangka panjang bisa mengakibatkan berbagai masalah kulit misalnya komedo, jerawat dan sebagainya.

Untuk menghindari hal tersebut, sel kulit mati ini harus diangkat. Salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan lemon. Hal ini dikarenakan ada kandungan asam sitrat di dalamnya yang berperan sebagai media eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati.

4. Menyembuhkan Kulit yang Gatal

Munculnya rasa gatal pada kulit bisa diakibatkan oleh berbagai hal, dua diantaranya ialah karena kulit kering dan akibat jerawat. Baik untuk masalah kulit kering maupun jerawat, lemon juga bisa mengatasinya. Buah ini bahkan akan memberikan sensasi rasa segar yang akan menghalau rasa gatal.

5. Mengatasi Minyak Berlebih, Jerawat dan Komedo

Untuk orang yang memiliki keluhan minyak berlebih pada kulit wajahnya, ekstrak lemon bisa membantunya. Lemon memiliki kemampuan untuk mencegah produksi sebum berlebih dan membantu mengontrol minyak pada kulit. 

Selain itu, lemon juga membantu mengatasi masalah jerawat serta komedo berkat kandungan antijamur serta antibakteri yang ada di dalamnya. 

 

Berbagai manfaat lemon di atas bisa didapatkan dengan mengkonsumsinya atau menjadikannya masker yang diaplikasikan secara rutin. Namun, Anda juga bisa mendapatkan manfaat-manfaat tersebut dengan menggunakan sabun yang mengandung ekstrak lemon.