Rekomendasi Kegiatan Parenting Day Untuk Anak Usia Dini

/

Program parenting day sangat dianjurkan untuk dilakukan karena memiliki beragam manfaat positif baik untuk orang tua, anak, maupun lembaga dalam hal ini adalah guru. Untuk bahan referensi Anda, kali ini akan disajikan pembahasan mengenai beberapa bentuk kegiatan yang lebih ditujukan untuk anak usia dini. Lebih rincinya lagi, Anda pun akan diinformasikan terkait apa saja manfaat yang diperoleh jika menerapkan program tersebut. Jadi, yuk simak penjelasannya di artikel berikut ini.

Manfaat Pelaksanaan Parenting di Sekolah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dapat diketahui bahwa parenting day dapat membawa manfaat positif bagi pihak-pihak terkait. Untuk manfaatnya sendiri dapat dijabarkan sebagai berikut.

  1. Orang tua dapat meningkatkan skill pengasuhan sesuai dengan konsep parenting yang dianjurkan.
  2. Keterbukaan komunikasi antara guru dengan orang tua.
  3. Terjalinnya hubungan yang baik antara lembaga dengan orang tua. Khususnya dalam hal penyampaian program pendidikan.

5 Bentuk Kegiatan Parenting Day Anak Usia Dini 

Guna kelangsungan program parenting, berikut ini ada beberapa rekomendasi kegiatan yang biasanya digunakan oleh lembaga. Perlu dipahami bahwa penjelasan kegiatan berikut ini lebih ditujukan untuk anak usia dini.

  1. Membuat Mini Zoo

Penyelenggaraan mini zoo dapat membawa dampak positif bagi anak. Selain mengasah emosional dan kepekaan anak, program ini pun bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran mengenal jenis-jenis hewan. Caranya ajak anak untuk membawa binatang peliharaan yang disayangi ke sekolah.

1. Menyelenggarakan Bazar

Ajang meningkatkan keterampilan dan rasa percaya diri anak dapat dilakukan sejak dini. Caranya libatkan anak dalam kegiatan bazar di sekolah. Instruksikan anak untuk membuat karya seninya sendiri untuk selanjutnya diperjualbelikan ke orang tua atau umum.

2. Belajar Memasak Bersama

Membuat agenda memasak bersama di sekolah adalah salah satu program parenting day yang bisa Anda lakukan. Keterlibatan orang tua dan guru sebagai pembimbing mampu meningkatkan motivasi anak dalam belajar memasak. 

3. Kegiatan Darmawisata

Pelaksanaan field trip ini dapat dilakukan untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah. Sebelum memulai kegiatan, usahakan untuk memilih lokasi yang sesuai dengan tema pembelajaran di kelas. Saat berkunjung anak-anak harus didampingi dengan orang tua masing-masing.

4. Pelaksanaan Foundation Class

Program parenting yang sering dilakukan sekolah adalah foundation class. Acara ini bertujuan untuk mempertemukan orang tua, anak dan guru dalam suatu proses pembelajaran. Biasanya acara tersebut dilakukan saat pertama kali masuk sekolah.

 

Beberapa rekomendasi program parenting day tersebut saat ini sudah banyak diterapkan oleh lembaga pendidikan anak usia dini. Meski demikian semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan Anda seputar parenting di situs bondanita.com ya.