Prospek Usaha Catering Aqiqah

/

Prospek-Usaha-Catering-Aqiqah

Tradisi memotong hewan ternak di hari ke 7 seorang anak atau yang disebut aqiqah merupakan tradisi anjuran Rasullah SAW. Tradisi ini dilakukan sebagai ungkapan rasa orang tua atas kelahiran anaknya. Lalu apa saja prospek usaha jasa aqiqah Depok ini ?

Dengan tradisi yang akan terus dilakukan turun-temurun serta semakin banyak orang yang tidak bisa menyiapkannya sendiri. Hal inilah yang membuat prospek usaha catering aqiqah mempunyai peluang yang menjanjikan.

Dari beberapa realita tersebut membuat banyak pengusaha catering yang juga melayani jasa catering untuk aqiqah. Bila Anda ingin memulai usaha ini, Anda tidak perlu khawatir akan rendahnya minat pasar akan jasa tersebut.

Memulai Usaha Catering Aqiqah

Selama masih ada kelahiran anak dan tradisi aqiqah yang terus dijalankan maka pangsa pasar akan tetap ada. Akan tetapi, usaha catering aqiqah ini juga tidak semudah yang Anda bayangkan.

Banyak pesaing yang mempunyai usaha di bidang yang sama, namun jangan patah semangat lebih dulu. Ada beberapa hal yang bisa Anda siapkan agar usaha catering aqiqah Anda bisa bersaing dan mempunyai prospek yang baik :

1. Siapkan modal yang memadai

Sama halnya seperti bidang usaha lainnya, usaha catering aqiqah juga tidak dapat terlepas dari modal. Sebagai gambaran, kini harga satu ekor kambing berkisar antara 1 -3 juta tergantung kualitasnnya. Jadi Anda bisa membuat gambaran berapa modal yang harus disiapkan untuk menerima 1 pesanannya. Belum lagi untuk lainnya, namun Anda tidak perlu khawatir karena keuntungan yang diberikan juga cukup lumayan.

2. Kerjasama dengan peternak kambing

Mempunyai relasi dengan peternak atau penjual kambing juga akan memberikan nilai lebih pada bisnis Anda seperti :

– Kambing yang dibeli tidak cacat dan dalam kondisi sehat

– Sudah masuk umur layak potong

– Beratnya paling tidak tidak 16 kg

Hal ini dilakukan bila Anda tidak memiliki cukup lahan untuk beternak kambing sendiri.

3. Mempunyai mobil sendiri dan sertifikat

Akan menjadi nilai lebih bila usaha catering aqiqah Anda mempunyai 2 hal tersebut. Selain akan memudahkan Anda dalam pengantaran, adanya sertifikat juga dapat memberikan nilai lebih. Usahakan membeli mobil dengan bak tertutup karena akan memudahkan usaha Anda.

Kesimpulan

Demikian beberapa hal yang bisa menjadikan bisnis atau usaha catering aqiqah Anda mempunyai daya saing. Selain itu usaha Anda juga bisa mendapatkan tempat tersendiri di hati konsumen Anda.