Plat Coil dan Jenisnya

/

Siapa di antara kalian yang sedang membaca artikel ini yang merupakan salah satu pecinta otomotif ? Pada umumnya dalam dunia perindustrian, plat coil sering digunakan pada industri otomotif atau pabrik yang memproduksi alat berat. Pada dasarnya plat coil berbentuk lembaran yang terbuat dari lapisan baja berbahan galvanis atau galvalum yang dapat digulung. Pada artikel kali ini kita akan membahas Plat Coil dan Jenisnya. Simak penjelasan dibawah ini; 

Plat Coil

Beberapa Jenis Plat Coil

1. Baja Putih 

Proses baja putih dihasilkan dari proses pendinginan yang bilamana melalui sistem tersebut maka akan menghasilkan baja yang rata serta tipis. Jika kalian sering menjumpai kaleng makanan, cat maka itulah plat coil baja putih. Jika dilihat secara seksama, bagian luar sangat tipis namun didalamnya memiliki ketahanan dan ketebalan yang luar biasa.

2. Baja Hitam

Pada umumnya produksi baja hitam selalu berhubungan dengan hot rolled coil. Pada pembuatannya, biasanya produk ini harus dipanaskan terlebih dahulu yang bersamaan dengan pelumuran minyak untuk pengawetan sehingga produk ini lebih tahan lama dan memiliki ketebalan yang sesuai dengan harapan.

3. Baja Plat Carbon

Jika dilihat dari namanya saja maka kita akan mudah mengerti bahwa produksi baja jenis ini merupakan bentuk plat coil yang memiliki kandungan molekul karbon yang tinggi sehingga memiliki bobot yang ringan. Penggunaan plat coil jenis ini umumnya digunakan pada industri yang memiliki tujuan komersial.

Beberapa Aspek Pertimbangan Sesuai Tujuan Penggunaan

Tentunya bagi Anda yang ingin menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan yang memproduksi plat coil ada beberapa aspek tujuan penggunaan yang perlu diperhatikan.

1. Bentuk 

Bagi Anda yang ingin membuat produk baja, yang harus Anda perhatikan adalah tingkat kesulitan dan kualitas dari produk tersebut saat hendak membuat produk yang anda inginkan. Namun pada kebanyakan orang lebih memilih untuk membeli langsung plat coil dari pada beberapa lembaran. Hal ini menjadi alternatif bagi Anda yang ingin membuat lempengan badan motor, mobil, kapal dan beberapa produk lainnya.

2. Pengelasan

Jasa pengelasan yang handal dan profesional sangat dibutuhkan pada pembentukkan plat coil baja ini sehingga ketepatan waktu akan lebih diandalkan untuk memenuhi pesanan konsumen.

3. Ketebalan

Pada proses produksinya baja plat coil memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Biasanya plat coil memiliki ketebalan yang berkisar 0.2 hingga 3 mm. Namun ada lagi beberapa plat coil yang lebih tebal dari plat coil yang berukuran sebelumnya.

Itulah pembahasan kita pada artikel kali ini mengenai Plat Coil dan Jenisnya. Diharapkan dengan membaca artikel ini Anda dapat membedakan jenis dari plat koil yang Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Terimakasih . . .  Semoga Membantu . . .