Peran Lulusan Psikologi untuk Kebutuhan Marketing

/

Banyak orang memandang pekerjaan lulusan psikologi hanya melibatkan kesehatan mental dan research sosiologi. Hal ini tentu tidak benar! Anda sekarang bisa bekerja di perusahaan dagang dan produksi dengan pengetahuan psikologi.

Psikologi banyak dicari perusahaan untuk kebutuhan marketing. Seperti yang Anda tahu, marketing adalah bagian perusahaan yang berusaha menyusun strategi untuk memikat masyarakat untuk membeli produk. Psikologi bisa memberi solusi mempengaruhi psikis calon pelanggan untuk kebutuhan ini.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih seputar peran pemegang ijazah psikologi di bagian marketing, mari bahas semua itu di bawah ini:

Filter dan Olah Data Feedback

Untuk bisa membuat strategi marketing yang baik, perusahaan harus bisa mengambil feedback dan mengolahnya. Dari feedback, data yang diperoleh bisa jadi pertimbangan untuk marketing yang akan dilakukan. Tidak ada pihak yang paling cocok untuk hal ini selain lulusan dari psikologi.

Contoh saja dapat feedback dari para orang muda. Dari hal ini bisa dibilang, produk sangat populer di kalangan muda. Feedback seperti rasa tidak puas atau kepuasan bisa diolah menjadi data yang bisa dihitung. Bisa dilihat sisi mana yang menarik bagi kalangan muda dan mana yang harus diperbaiki.

Psikologi golongan muda akan berbeda dengan orang dengan range umur lain. Jadi metode analisa dan konklusi yang diambil bisa berbeda. Jika hanya baca data secara mentah dengan kacamata matematika atau bisnis, data mungkin kurang efektif dimanfaatkan.

Membuat Skema Marketing

Banyak pemegang ijazah psikologi menjadi konsultan skema marketing. Menggunakan pengetahuannya, lulusan psikologi bisa menggunakan trik-trik ringan untuk membuat produk makin laku. Contoh saja membuat iklan unik dengan jingle yang mudah diingat.

Saat jingle dan iklan ini sulit dilupakan masyarakat, otomatis mereka akan selalu ingat produk yang dijual perusahaan. Banyak trik marketing yang bisa digunakan lainnya. Contoh saja menarget trend tertentu atau gencar menggunakan platform marketing populer.

Dulu sempat ada boom di Twitter tentang post akun perusahaan besar agar bisa tampak seperti individu. Contoh saja Wendy yang tidak segan menghina brand lain ataupun membuat posting joke agar terlihat menarik bagi orang muda. Skema ini hanya bisa dilakukan oleh psikologis yang memantau perkembangan social media.

Memastikan PR Berjalan Baik

Hal terakhir yang bisa masuk dalam tugas lulusan psikologi dalam marketing adalah PR. PR adalah singkatan dari public relation, dimana Anda harus bisa menjaga image perusahaan di masyarakat agar positif.

Menjaga image ini bisa dengan berbagai macam cara. Contoh saja memberikan iklan tentang tindakan kemanusiaan yang dilakukan perusahaan. Misal saja mengirimkan bantuan ke pengungsi gempa bumi. Anda bisa buat iklan tersebut sebagai tanda bahwa jika beli produk dari perusahaan, masyarakat secara tidak langsung membantu juga para pengungsi tersebut.

PR juga penting saat ada masalah. Contoh ada hal viral yang menyebabkan produk Anda dipandang negatif. Anda harus bisa membuat relasi dengan masyarakat kembali positif. Misal dengan posting minta maaf, ganti rugi dan juga berusaha mengalihkan perhatian dengan diskon ataupun promosi produk tertentu.

Sekian bahasan tentang list peran penting lulusan psikologi dalam dunia marketing. Untuk bisa bekerja baik di area ini, tentu Anda harus mampu membuktikan kemampuan. Persaingan di dunia marketing juga dipenuhi lulusan dari jurusan lain. Karena itu, pastikan belajar serius selama kuliah atau pastikan daftar di kampus psikologi terbaik.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bahasan di atas berguna dan informatif bagi Anda sekalian!