Penting Nih! 6 Manfaat Bermain Game di Rumah demi Cegah Penularan Virus Corona!

/

Banyak orang yang beranggapan jika bermain game sangatlah tidak bermanfaat dan hanya membuang waktu. Padahal sebenarnya terdapat sisi yang bermanfaat dari bermain game, khususnya bagi kesehatan. Apalagi semenjak maraknya penyebaran virus corona atau covid-19, bermain game bisa menjadi pilihan dalam mengatasi rasa khawatir, bosan, serta menjadikanmu tetap berada di rumah. Selengkapnya mengenai 6 manfaat bermain game untuk kesehatan akan dibahas pada penjelasan berikut.

Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat pertama dari bermain game yang dapat kita rasakan ialah meningkatnya kesehatan otak. Bermain game bisa meningkatan beberapa ukuran wilayah di otak terutama bagian otak yang berperan dalam pembentukan memoir, perencanaan strategis, keterampilan motorik halus, dan orientasi spasial.

Daya ingat meningkat

Manfaat dari bermain game selanjutnya ialah dapat meningkatkan daya ingat. Beberapa 3D seperti Mario Bros terbukti bisa meningkatan kemampuan daya ingat. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah riset yang dirilis di The Journal of Neuroscience, para peneliti di California, Amerika Serikat.

 

Meningkatkan kecerdasan

Manfaat bermain game berikutnya ialah dapat meningkatkan kecerdasan. Hal tersebut telah diuji oleh para peneliti dalam studi yang menyuruh beberapa partisipan untuk bermain game di ponselnya selama 1 jam setiap harinya. Percobaan ini dilakukan dalam 4 minggu dan hasilnya terbukti bahwa game yang telah dimainkan dapat meningkatkan fungsi kognitif para partisipan.

 

Mengurangi stress

Disaat penyebaran virus corona meningkat, sebagian orang mungkin merasa tidak betah jika terlalu lama berlama-lama di rumah sehingga bisa membuatnya merasa stress. Nah cara untuk mencegah atau mengatasinya yaitu dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti bermain game.

 

Meredakan nyeri

Tak hanya menyenangkan, bermain game ternyata bisa menjadi obat pereda nyeri. Memainkan game bergenre virtual reality disebut bisa meredakan rasa nyeri serta menghilangkan rasa cemas. Dengan bermain game yang berfokus pada dunia virtual, bisa membuatmu lupa terhadap rasa sakit yang menyerangmu.

 

Membuat rileks

Bermain game ternyata terbukti bisa membuatmu terasa lebih rileks. Nah jika kondisi tubuhmu rileks, maka tubuh akan menghasilkan hormone serotonin, dopamine, relaksin, atau oksitosin. Hal itulah yang membuatmu tetap rileks, dan senang ketika berada di rumah.

Nah itulah beberapa manfaat bermain game di rumah untuk kesehatan serta dalam rangka mencegah penularan virus corona. Sebenarnya bermain game boleh-boleh saja, namun jangan terlalu berlebihan ya sebab malah menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Semoga informasinya bermanfaat! Sumber artikel ini dari blog synergyofficial.co.id