Penerapan Sistem PLC Parkir Otomatis dalam Industri dan Parkir Otomatis

/

Sebenarnya, apa itu PLC? Secara sederhana PLC merupakan suatu perangkat komputer dengan sistem digital yang penggunaannya ditujukan untuk proses otomatisasi dari suatu mesin. Sistem PLC bisa juga dikatakan untuk mengatur suatu proses elektromagnetik yang ada dalam suatu industri.

Tujuannya sederhana, hanya untuk mempercepat suatu proses dari aktivitas yang ada dalam industri seperti proses pembuatan, pengemasan, dan juga proses perakitan yang ada dalam industri.

Cara bekerja dari PLC ini adalah dengan menerima serta melakukan proses terhadap informasi dari suatu sensor yang sebelumnya sudah terhubung dengan perangkat input. Kemudian, seluruh data yang terkumpul akan diproses. Lalu PLC akan menghasilkan keluaran didasarkan pada program yang sebelumnya sudah direncanakan.

Sistem PLC bisa melakukan monitor dan juga bisa merekam data run-time pada bagian seperti suhu operasi dan juga suatu produktivitas dari mesin. Bisa juga digunakan untuk pengaktifan alarm kalau mesin produksi sedang bermasalah, bisa melakukan pemberhentian secara otomatis jika volume produksi sudah penuh.

sistem plc

Pengertian PLC

PLC merupakan singkatan dari Programmable Logic Control. PLC seringkali digunakan sebagai perangkat yang bisa menjawab tantangan zaman dalam penerapan proses otomatis sesuai dengan yang dibutuhkan oleh industri. Perangkat komputer ini, bisa diprogram sesuai dengan kebutuhan industri, yang spesifik maupun umum.

Program yang dibuat didasarkan pada logika yang merupakan hitungan secara aritmatik pada suatu perintah. Tujuannya untuk melakukan kontrol serta mengatur segala proses sesuai dengan yang diinginkan dan nantinya akan menghasilkan keluaran atau output juga sesuai dengan apa yang memang diinginkan.

 

Sistem Parkir Otomatis dengan PLC

Sekarang ini, perkembangan orang-orang yang beli kendaraan sudah meningkat pesat. Paling tidak, satu keluarga itu memiliki satu mobil. Tetapi sekarang, ruangan parkir yang tersedia itu nggak banyak. Maka dari itu, sangat banyak yang mencanangkan pembuatan parkir bertingkat.

Nah dalam pembuatan parkir bertingkat inilah, PLC dijadikan sebagai sistem pengendalinya. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk mempermudah sistem otomatisasi dari parkir bertingkat. Penggunaan PLC didalamnya membutuhkan beberapa komponen seperti CPU, perangkat input, dan juga perangkat output.

Nantinya, program dalam PLC dibuat dengan teknik standar pada pemrograman sekuensial yaitu menggunakan diagram tangga atau ladder diagram. Biasanya sih, ladder diagram akan dibuat pakai GUI yang ada dalam perangkat lunak ini. Lalu, program tersebut akan ditransfer ke dalam PLC melalui modul komunikasi yang ada.

Biasanya pakai port serial COMM. Dan nantinya perangkat lunak yang ada akan dilengkapi dengan fasilitas untuk memonitor dan juga peralatan komunikasi.

 

Sistem PLC Industri

Di Indonesia, PLC sudah hampir bisa ditemukan pada banyak segmen industri. Misalnya, industri bidang otomotif, pertambangan, minyak bumi, pabrik kimia, industri kertas, pabrik pengolahan makanan, sampai pada pabrik tenaga pembangkit listrik.

Tugas dari PLC adalah melakukan beragam kontrol mulai dari yang sederhana yakni On/Off, mengatur alarm, mengatur kecepatan running-belt, mengatur proses, mengecek hasil dari produksi, mendeteksi kelainan atau anomali pada suatu proses kerja, distribusi bahan, dan lain sebagainya.

Misalnya dalam industri otomotif. Sistem PLC di dalamnya digunakan untuk keperluan memonitor mesin produksi, melakukan pengujian terhadap produksi komponen otomotif, melakukan quality control/quality check, dan juga memonitor internal combustion engine.

Tak hanya di Industri otomotif, ada juga contoh sistem PLC yang digunakan dalam pabrik atau industri karet. PLC disini digunakan sebagai salah satu perangkat untuk melakukan kontrol terhadap urutan proses produksi mulai dari karet mentah sampai menjadi ban suatu kendaraan yang sudah siap pakai atau sudah barang jadi.

Dalam industri kertas pun bisa ditemukan penggunaan PLC. Misalnya PLC digunakan untuk mempersiapkan batch jika sedang melakukan proses pembuatan kertas dan juga digunakan untuk paper mill digester.

Mengetahui pentingnya PLC dalam perusahaan, tentunya perangkat ini sangat penting untuk dimiliki. Selain mempercepat, memonitor, dan mengontrol beberapa aktivitas, PLC juga bisa digunakan mempermudah banyak pekerjaan dan bisa digunakan secara otomatis.