Penelitian Adalah: Pengertian, Jenis dan Tujuan Penelitian

/

Penelitian adalah suatu proses investigasi atau pengamatan secara aktif, tekun, dan sistematis terhadap kemunculan suatu masalah. Seorang peneliti harus mampu mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya secara ilmiah, sehingga tidak boleh sembarangan saat mengerjakannya.

 

Jenis-Jenis Penelitian

Kegiatan penelitian mengacu pada metode ilmiah untuk menemukan, mengolah, menganalisis, serta menyajikan data secara objektif dan sistematis. Tujuannya yaitu untuk mengungkap kebenaran atau memecahkan suatu masalah.

Dalam kajian ilmiah, ada tiga jenis penelitian berdasarkan metodenya. Ketiga metode penelitian itu adalah jenis penelitian kuantitatif, metode kualitatif, dan metode penelitian kombinasi (mixed methods). Berikut penjelasan masing-masing jenis penelitian tersebut.

1. Metode Penelitian Kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif bersifat statistik. Penelitian ini menggunakan alat ukur atau instrumen untuk menguji hipotesis data penelitian. Metodologi yang satu ini perlu mengandalkan kemampuan menghitung yang baik. Karena dalam penyajian datanya menggunakan angka

Angka-angka ini akan menjadi instrumen untuk menganalisis keterangan guna mencari kausalitas suatu masalah.

2. Metode Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah riset yang memanfaatkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau ucapan lisan dari objek penelitian. Jenis metodologi kualitatif bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis peristiwa, fenomena, persepsi, sikap, kepercayaan, hingga dinamika sosial seseorang atau kelompok.

Oleh karena itu, metode ini berawal dari penyusunan asumsi dasar dan kerangka berpikir sesuai topik penelitian.

3. Metode Penelitian Kombinasi

Penelitian kombinasi (mixed method) menggunakan dua pendekatan penelitian, yaitu metode penelitian kuantitatif dan penelitian deskriptif kualitatif secara bersamaan. Tujuan penelitian campuran ini yaitu untuk mendapatkan data yang lebih komprehensif, reliabel, dan objektif.

Pada dasarnya, seorang peneliti melakukan penelitian campuran apabila ingin memperoleh data dan informasi yang valid dan lebih lengkap. Pilihan metode ini juga mampu mengeliminasi kelemahan yang ada dalam metode kualitatif maupun kualitatif.

 

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan penelitian merujuk pada apa yang ingin peneliti dapatkan dalam penelitian bersangkutan. Umumnya, penelitian bertujuan untuk memperoleh penemuan atau pengetahuan baru. Atau bisa juga sebagai pengujian terhadap kebenaran yang sudah ada dan mengembangan kebenaran tersebut.

Penelitian di berbagai bidang bisa memberikan banyak manfaat sebagai berikut.

  • Menemukan pemecahan masalah atas suatu fenomena yang terjadi di masyarakat
  • Menciptakan inovasi atau penemuan terbaru yang berguna di bidang tertentu
  • Meningkatkan daya kritis dan kemampuan berpikir logis dalam diri peneliti
  • Meningkatkan kemajuan pendidikan dan riset ilmiah

Penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah dengan metode tertentu yang bertujuan menemukan pemecahan masalah atau pengembangan ilmu pengetahuan yang sudah ada. Dengan kerangka berpikir sistematis, peneliti bisa menganalisa suatu fenomena hingga mudah dipahami