Paduan Warna Cat Rumah Minimalis Pastel Berikut Akan Mempercantik Rumah Anda

/

Warna pastel merupakan warna-warna cat yang terang dan cerah, tetapi tidak ngejreng. Sangat cocok dipilih oleh Anda yang menyukai warna-warna kalem.  Selain membuat rumah terlihat cerah, cat rumah minimalis pastel juga akan membuat rumah Anda terlihat unik. 

Supaya hasil pengecatan rumah terlihat bagus, maka dalam mengkombinasikan cat-cat berwarna pastel tidak boleh dilakukan sembarangan. Warna satu dengan warna lainnya harus terlihat selaras.

 

Warna-Warna Cat Rumah Minimalis Pastel yang Cocok Dikombinasikan

cat rumah minimalis

1. Pink dan Hijau Tua  Pastel

Bila warna pink dan hijau tua biasa dipadukan, hasilnya mungkin akan aneh. Namun, itu tidak akan berlaku pada pink dan hijau tua pastel.

Warna pink pastel cocok diaplikasikan untuk warna dinding. Sedangkan warna hijau tua pastel cocok untuk warna pintu dan jendela, termasuk warna bingkainya. Sementara pada bagian dalam rumah, warna hijau tua pastel cocok diterapkan pada kitchen.

2. Hijau Tua dan Abu-Abu Pastel yang Dipadu Warna Putih

Pada warna biasa, tiga warna ini juga sering dikombinasikan. Namun karena ketiga warna tersebut kali ini berjenis pastel maka akan menghasilkan warna yang benar-benar lembut di mata dan memberikan kesan sejuk.

Untuk bagian fasad, cat warna hijau sebaiknya diaplikasikan sebagai cat dinding. Warna putih sebagai warna bingkai jendela, pintu, dan warna pagar. Sedangkan abu-abu sebagai warna pintu dan genting.

Di bagian dalam rumah, warna putih dapat digunakan sebagai list bagian paling bawah dinding serta sebagai warna eternit. Sedangkan warna abu-abu cocok sebagai warna kitchen set dan warna perabotan lainnya. 

3. Ungu Muda dan Ungu Tua Pastel yang Berpadu dengan Putih

Kombinasi warna cat rumah minimalis pastel yang berikutnya adalah paduan ungu muda dan ungu tua yang keduanya berwarna pastel ditambah dengan warna putih.

Warna ungu muda adalah warna yang cocok mendominasi kedua warna lainnya. Sehingga Anda perlu menjadikannya sebagai warna dinding. Bagian bingkai jendela, bingkai pintu, dan daun jendela (bila tidak menggunakan jendela kaca) berilah cat warna putih.

Sementara cat warna ungu tua pastel cukup diterapkan pada bagian pintu.  Sedangkan untuk bagian dalam rumah rasio warnanya juga sama, tetapi cat warna putih juga diterapkan untuk langit-langit rumah. 

4. Beige dan Orange Pastel

Beige adalah warna sejenis krem, sehingga ia terlihat seperti warna pastel. Supaya tidak terlihat terlalu pucat, warna beige dapat dipadukan dengan warna orange pastel. 

Sebagai warna fasad, warna orange pastel lebih cocok digunakan untuk warna dinding dan tiang. Sedangkan warna beige cocok untuk warna jendela dan pintu, termasuk bingkainya.

Sementara untuk bagian dalam rumah, kedua warna ini dapat Anda kombinasikan sesuai dengan keinginan Anda, contoh penerapannya adalah:

  • Warna beige untuk seluruh  warna dinding, pintu, dan jendela dalam. Sedangkan warna orange dapat menjadi warna kitchen set
  • Warna beige maupun warna orange dapat menjadi warna dinding ruangan-ruangan tertentu

5. Hijau dan Kuning Pastel

Paduan warna cat pastel selanjutnya yang akan mempercantik rumah Anda adalah kuning pastel dan hijau pastel.

Warna kuning pastel dapat Anda gunakan untuk mengecat dinding, sedangkan hijau pastel untuk warna pintu. Supaya tidak monoton tambahkan warna putih sebagai warna bingkai pintu dan jendela. 

Bila lantai rumah Anda terbuat dari keramik maka pilih keramik berwarna abu-abu. Bila lantai rumah terbuat dari kayu maka cat lah lantai tersebut dengan cat abu-abu. 

Sayangnya, cat rumah berwarna pastel mudah kotor. Jadi Anda harus rutin membersihkannya paling tidak sebulan sekali agar dinding rumah tetap terlihat bersih dan sedap dipandang.