Mengenal Spesifikasi dan Harga Mesin Sumur Bor

/
Saat bernecana membuat sumur bor sendiri, salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah mesin pompa yang paling sesuai dengan kebutuhan dan harga. Untuk itu, Anda perlu mengetahui berapa kedalaman sumur yang akan dibuat baru kemudian menentukan spesifikasi dan harga mesin sumur bor yang bisa Anda pilih.
 

Mengenal Jenis Pompa Sumur Bor

Sumur bor sendiri terdiri atas 2 macam yakni sumur bor dangkal dengan kedalaman yang tak lebih dari 9 meter dan sumur bor dalam yang memiliki kedalaman lebih dari 10 meter. Dengan demikian, Anda sudah sedikit mengetahui gambaran jenis pompa seperti apa yang akan dibeli. Kali ini kita akan membahas tentang sumur bor dalam yang kemungkinan besar akan Anda gunakan di rumah ataupun lokasi usaha. 
 
harga mesin sumur bor
 
  • Pompa Jetpump 
 
Mesin pompa air sudah umum digunakan pada sumur dalam baik pada sumur besar ataupun sumur bor yang membutuhkan daya hisap mencapai kedalaman 60 meter. Proses pemasanggan jetpump juga tak jauh berbeda dengan pemasangan pompa air untuk sumur dangkal. Cocok untuk Anda yang membutuhkan pasokan air lebih banyak dengan harga yang masih bersahabat.
Salah satu yang membedakan adalah pada instalasi pipa hisap yang menggunakan 2  jalur pipa dimana salah satu pipa digunakan sebagai pendorong air ke pipa hisap. Jetpump biasanya membutuhkan daya listrik yang besar sebab memakai tenaga motor elektrik untuk kapasitas yang lebih besar dibanding pompa untuk sumur dangkal.
 
  • Pompa Submersible
 
Jenis pompa yang satu ini banyak disebut sebagai pompa air benam atau tanam karena pompa akan dioperasikan di dalam air. Pompa  ini bahkan bisa rusak apabila dinyalakan di area kering (di luar air) selama durasi tertentu.
 
Pompa submersible tidak mempunyai daya hisap melainkan hanya ada daya dorong yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan debit air. Prinsip kerja dari pompa submersible ini berbeda dari jetpump yang menghisap air karena pompa jenis ini justru mendorong air.
 
Pompa submersible adalah jenis pompa sentrifugal yang memiliki susunan beberapa kipas yang diputar dengan sangat cepat oleh penggerak motor listrik sehingga dapat menghembuskan air hingga ke permukaan tanah.
 
Salah satu dari kelebihan pompa tanam ini adalah tidak banyak memakan tempat di rumah atau tempat usaha karena mesin dibenamkan di dalam tanah.  Pompa tanam ini juga bekerja lebih senyap saat beroperasi dan tidak membutuhkan pendingin tambahan mengingat ia bekerja terendam air (selama sumber air tidak surut). Pompa jenis ini juga tercatat memiliki jangkauan kedalaman yang lebih baik hingga 200 meter. 
 
Namun yang perlu diketahui bahwa pompa jenis ini juga memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan pula, diantaranya biaya yang lebih mahal, perlengkapan untuk instalasi juga mahal dengan sistem yang rumit dan kebutuhan listrik yang lebih tinggi.
 
Demikian sedikit penjelasan tentang pompa untuk jenis sumur dalam yang perlu Anda ketahui. Saat ini pompa sumur sudah banyak ditawarkan di pasarand ari berbegai merk dan spesifikasi. Dan tentunya akan semakin memudahkan Anda untuk menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan. 
 

Baca juga: https://sejasaku.net/pembuatan-sumur-bor-medan/