Mengenal Aluminium Composite Panel, Jenis-Jenis dan Cara Pemasangan

/

Saat melewati beberapa proyek pembangunan gedung perkantoran, tak jarang kita melihat bagian depan gedung seperti banyak bungkus. Sebenarnya apa itu dan apa fungsinya? Untuk mengawali informasi, bagian konstruksi banguan tersebut bernama ACP atau aluminium composite panel . Bahan ini sangat lumrah digunakan di beberapa gedung seperti gedung perkantoran, hotel, bahkan mall. Pemasangannya pun tidak sembarang, diperlukan tenaga dengan keahlian khusus agar ACP terpasang dengan tepat.

MENGENAL ALUMINIUM COMPOSITE PANEL

Pemasangan Aluminium

Kali ini kita akan membahas mengenai aluminium composite panel (ACP). Dari namanya sudah dapat diketahui, bahwa aluminium composite panel merupakan pelapis dinding gedung yang terbuat dari campuran aluminium dan bahan komposit. Meskipun kaku, ACP ini terbilang ringan dan memiliki daya tahan yang kuat. Ketebalan yang tersedia untuk ACP ini bisa dari 4mm dengan lebar 1200 mm – 2400 mm.

Selain untuk estetika dan keindahan bangunan, fungsi dari pemasangan aluminium composite panel adalah sebagai partisi. Dengan dikombinasikan dengan kaca, ACP ini memiliki fungsi sebagai partisi penutup dan juga langit-langit.

ACP memiliki dua jenis berdasarkan lapisan cat luarnya. Apa saja itu?

  • Jenis Polyester

Aluminium composite panel jenis polyester ini hanya dilakukan satu kali pelapisan, sehingga banyak dipilih untuk menghemat budget dan lebih ekonomis. Ada pilihan warna yang tersedia seperti silver, abu-abu, hingga putih. Tapi ACP polyester sangat rentan dari berbagai faktor seperti perubahan cuaca dan sinar ultraviolet.

  • Jenis Poly Vinyl De Fouride

Selanjutnya adalah ACP jenis vinyl de flouride sangat cocok dengan penggunaan eksterior bangunan. bentuk fisik sama dengan jenis polyester, harga ACP ini terbilang lebih mahal. Hal tersebut dikarenakan perlindungan terhadap cuaca, sinar ultraviolet, dan hal yang mampu merusak aluminium composite panel lebih baik.

CARA PEMASANGAN

Sebagai pemilih jasa, jangan tergiur akan jasa pemasangan aluminium composite panel murah yang ditawarkan. Agar jasa yang Anda pilih benar-benar profesional, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk aluminium composite terpasang dengan benar.

  1. Pilih perusahaan jasa yang profesional dan memang berpengalaman di bidang konstruksi, terutama dalam hal pemasangan ACP
  2. Jika pemasangan ACP pada dinding batu bata, jangan lupa untuk melakukan pemlesteran terlebih dahulu. Plester tanpa aci juga tidak masalah
  3. Untuk meminimalkan kerusakan ACP pada saat pengiriman, posisikan ACP dalam posisi horizontal
  4. Pemasangan aluminium composite panel ini ada dua cara, yaitu sistem tekuk dan kupas. Menggunakan teknik tekuk karena pertimbangan pengerjaan waktu yang lebih cepat. Namun, pemasangan dengan sistem kupas biasanya lebih lama tapi lebih kuat

PEMASANGAN ALUMINIUM COMPOSITE MEDAN TERPERCAYA

Banyak keunggulan yang bisa didapatkan dengan menggunakan ACP seperti salah satu jenis ACP memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca, berat komponen yang tergolong ringan, bahan yang kaku namun masih dapat dibentuk dan diaplikasikan dengan mudah, tahan terhadap api serta benturan, permukaan rata, dan memiliki beberapa pilihan warna yang meningkatkan estetika keindahan bangunan.

Terimakasih . . .