Kamu Wajib Tahu! 4 Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Wilayahnya

/

Keberadaan internet sangatlah mempermudah dalam penyampaian informasi sehingga informasi yang disampaikan bisa cepat tersebar di masyarakat. Internet termasuk dalam salah satu jaringan komputer yang digunakan banyak orang entah untuk berkomunikasi, berbisnis, media informasi, dan lain-lain. 

Pada artikel kali ini kita tidak membicarakan mengenai internet, melainkan mengenai  jaringan komputer. Apa sih jaringan komputer itu? Jadi, jaringan komputer ialah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung melalui media komunikasi. Adanya jaringan komputer ini lah yang mempermudah penggunanya dalam berkomunikasi satu salam lain. Jaringan komputer jika berdasarkan jangkauan wilayahnya dibagi menjadi 4 jenis. Ada apa saja itu? Simak penjelasannya ya…

PAN (Personal Area Network)

PAN merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk berkomunikasi antara perangkat pribadi dengan perangkat pendukung komputer lainnya(seperti mouse, keyboard, headohone, camera, dan sebagainya). Jangkauan area PAN hanya beberapa meter saja. Jenis jaringan ini contohnya seperti pada saat kita menghubungkan smartphone kita ke jaringan internet. Untuk menghubungkan antar perangkat, jenis jaringan ini biasanya dihubungkan dengan bantuan USB atau Bluetooth.

 

LAN (Local Area Network)

LAN merupakan jaringan komputer dengan jangkauan wilayah yang kecil. Jenis jaringan ini biasanya digunakan pada tempat-tempat seperti dalam rumah, gedung, sekolah, perusahaan, universitas, dan area kecil lainnya. LAN bekerja dengan menghubungkan satu sama lain beberapa komputer yang ada dalam satu area tersebut. Nah salah salah satu komputernya ada yang berperan sebagai server sedangkan komputer lainnya berperan sebagai client (penerima).

 

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN merupakan jaringan komputer yang jangkauan wilayahnya cukup luas yaitu mencapai 10 sampai 50 km. Untuk itu, MAN ialah suatu jaringan dalam suatu kota dengan fasilitas kecepatan transfer data yang sangat tinggi. Jenis jaringan komputer yang satu ini biasanya digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan LAN sehingga membentuk suatu jaringan yang cakupannya lebih luas lagi.

 

WAN (Wide Area Network)

WAN merupakan jaringan komputer yang area jangkauannya  mencapai daerah geografis yang sangat luas, misalnya sebuah kota, negara bahkan benua. Pada umumnya, WAN digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga penggunanya bisa dengan mudah berkomunikasi dengan pengguna lain yang berada di lokasi yang jauh berbeda.

Nah itu lah 4 jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauan wilayahnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat ya!

Ingin memulai bisnis sendiri ? kamu bisa dengan memulai bisnis plr yaitu menjual produk digital yang bukan milik kamu sendiri tetapi keuntungan 100% untuk kamu. Coba dulu ya