Harga Ikan Tenggiri Berdasarkan Jenisnya

/

Ikan tenggiri merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai aroma yang sangat khas. Selain itu, hewan ini ini memiliki tekstur serta cita rasa daging yang sangat enak. Berbagai jenis makanan terbuat dari hewan ini dan sangat mudah ditemukan di sekitar Anda.

Meski begitu, hewan yang satu ini memiliki harga yang yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis ikan lainnya yang sering digunakan di tengah masyarakat. Sebut saja beberapa jenis makanan yaitu kerupuk, siomay, pempek, dan lain sebagainya yang menggunakan ikan ini sebagai bahan utamanya.

Makanan tersebut memiliki rasa yang sangat khas dan gurih. Akan tetapi, disamping itu harga ikan tenggiri di pasaran cukup tinggi karena memiliki kualitas yang cukup baik untuk dijadikan makanan. Ikan ini memiliki jenis serta olahan yang mempengaruhi harga jualnya di pasaran. Berikut kisaran harga dari ikan tersebut.

Ikan Tenggiri

Ikan Segar

Tenggiri bisa Anda temukan di pasar tradisional maupun supermarket. Rata-rata harganya mulai dari 90 hingga 100 ribu rupiah per kilogram. Harga ini termasuk harga yang cukup tinggi mengingat harga ikan di pasaran bisa mulai dari 20 ribu per kilogram. Namun rasa serta tekstur yang dihasilkan dari ikan jenis ini tentu tak dapat diragukan lagi.

Fillet

Beberapa orang sering membutuhkan daging tenggiri yang sudah di-fillet. Biasanya harga yang ditawarkan sedikit berbeda dari ikan yang masih segar. Harga ikan tenggiri untuk jenis potongan fillet ini mulai dari 110 hingga 120 ribu rupiah per kilo. Harga ini merupakan rata-rata harga pasaran di seluruh Indonesia.

Ikan Giling

Jenis olahan ini biasanya lebih banyak dicari karena bisa dijadikan bahan pembuatan siomay, pempek dan sejenisnya. Para pembeli biasanya tidak memiliki alat atau cukup kerepotan jika harus menggiling sendiri. Sehingga mereka perlu membayar 120 hingga 130 ribu rupiah per kilogram.

Di beberapa daerah di Indonesia harga tersebut bisa lebih murah maupun lebih mahal. Harga paling murah bisa mulai dari 70 ribu per kilogram dan termahal mencapai 90 ribu per kilogram untuk ikan segar. Anda tak perlu khawatir karena pada umumnya kualitas yang diberikan sesuai dengan harga ikan tenggiri yang akan Anda bayar.