Elemen-elemen penting dalam Membuat Desain Interior

/

Siapa Interior Designer Itu??

Bangunan atau ruang secara aspek perlu desain yang detail. Biasanya arsitek dibantu oleh desainer khusus untuk merancang bagian ruang atau bangunan secara detail. Arsitek tidak bekerja sendirian perlu orang yang memahami interior designer, arsitek lanskap, design cahaya, dan desain khusus lainnya.

Bagian interior designer hanya fokus ke satu ruang untuk memberikan kesan khusus pada ruang itu. Interior designer menciptakan ruang yang fungsional, aman, nyaman, efisien dan estetis.

Interior designer harus bisa berkomunikasi dengan baik pada bidang yang berkaitan, misalnya arsitek dan pedagang di grosiran. Agar semua design berjalan dengan baik dan optimal.

Interior design adalah seni yang mendesain bagian interior. Interior designer adalah orang yang mengkoordinasi dan mengelola proyek. Interior designer adalah profesi yang berdasar konseptual, pengembangan, dan manajemen.

Interior Design Trends That Will Shape the Next Decade | ArchDaily

Lihat juga: Jasa Interior & Exterior Designer Murah di Medan

Elemen – Elemen Interior Design

Apa itu elemen – elemen interior design?? Elemen – elemen interior design adalah yang paling utama dimiliki. Memiliki elemen berarti mengetahui apa saja rancangan yang terbaik. 

Interior design adalah ilmu dari seni rupa, karena itu elemen – elemen sama dengan elemen seni rupa seperti, garis, titik, bidang dan lain – lain. Namun interior design mempunyai elemen yang unik dan lebih spesifik daripada seni rupa karena rancangan yang dibuat harus bisa direalisasikan.

Elemen – elemen interior design seperti di bawah ini:

1. Lantai

Lantai adalah bagian bawah interior di setiap ruangan. Lantai seperti yang kita tau memiliki ukuran yang kotak. Yang harus diperhatikan untuk menerapkan lantai yaitu, material, tinggi, lebar dan ketebalan lantai, bentuknya dan motif yang sesuai.

2. Dinding

Dinding adalah elemen interior design yang membatasi di setiap ruangan. Dinding memiliki ukuran yang vertikal dan tanpa dinding tidak bisa dikatakan sebuah ruangan atau bangunan. Dinding di aplikasikan dengan material finishing, pembentuk, pencahayaan, dan lain – lain.

3. Langit – Langit 

Langit – langit adalah bagian atas interior di setiap ruangan. Jarang sekali langit – langit diperhatikan namun dengan rancangan yang menarik dapat memberikan efek yang baik. Langit – langit harus diperhatikan penggunaan materialnya, ketinggiannya, dan bentuknya.

4. Elemen Estetis

Prinsip desain yang mengacu pada proporsi, skala ruang, keseimbangan, dan kesatuan. Suatu interior design harus di beri benda seni yang estetis agar terlihat menarik.

5. Elemen Bukaan

Elemen bukaan adalah elemen ruang yang ada jendela, pintu dan lubang ventilasi udara. Dengan dirancang di tempat yang sesuai akan membuat sirkulasi udara yang baik, nyaman dan sehat.

6. Elemen Pencahayaan

Elemen cahaya adalah tidak kalah pentingnya dari elemen bukaan karena tanpa ada cahaya ruangan akan terasa gelap. Dengan pengaplikasian pencahayaan yang baik sangat berpengaruh pada ruangan tersebut.

Ok itu tadi penjelasan tentang interior design dan elemen – elemen yang harus diperhatikan dengan benar oleh interior designer. Mungkin kalian tertarik menjadi interior designer bisa dipelajari dulu ya.

Tapi buat kalian yang lagi cari design interior bisa menggunakan jasa interior design di medan dengan hasil yang sangat bagus dan menarik sesuai keinginan kalian.

Terimakasih…. Stay safe ya.