Definisi Publikasi Jurnal

/

Membuat serta publikasi jurnal adalah suatu kewajiban bagi para peneliti seperti mahasiswa dan dosen. Menerbitkan sebuah jurnal dengan persyaratan akreditasi menjadi kunci bagi mahasiswa dan dosen untuk lulus maupun dipromosikan. Bila Anda ingin mempublikasikan sebuah jurnal, simak ulasan berikut ini.

Jurnal Ilmiah

Bukan hanya mahasiswa atau dosen yang harus membuat sebuah jurnal ilmiah. Biasanya para peneliti yang melakukan penelitian guna pengembangan ilmu pengetahuan, wajib membuat jurnal sebagai output. Jurnal ini nantinya akan peneliti publikasikan setelah melalui proses akreditasi dan review.

Proses tersebut kemudian yang Anda kenal sebagai suatu proses publikasi. Publikasi jurnal adalah suatu sistem mempublikasikan sebuah jurnal ilmiah yang telah terakreditasi dan melalui proses review. Proses review ini sendiri sangat penting perannya dalam publikasi jurnal ilmiah.

Proses ini terjadi terhadap setiap jenis jurnal ilmiah seperti publikasi jurnal akuntansi. Biasanya proses review ini memakan waktu yang cukup lama. Hal ini dilakukan guna mencapai sebuah jurnal ilmiah yang berbobot dengan standar tinggi.

Selain itu, jurnal yang sudah sesuai standar atau terakreditasi menjadi syarat agar dapat dipublikasikan. Misalnya, mahasiswa S2 tidak dapat mempublikasikan jurnalnya bila hanya terakreditasi Sinta 4. Mahasiswa program magister dapat lulus dengan jurnal ilmiah nasional terakreditasi Sinta 3.

Ada banyak media tempat Anda mempublikasikan jurnal ilmiah hasil penelitian Anda. Bukan hanya di platform milik pemerintah saja, Anda juga bisa melakukan publikasi jurnal di Google Scholar. Anda bisa menerbitkannya melalui penerbit, asosiasi, instansi, maupun pribadi.

Publikasi Jurnal Cepat

Proses publikasi jurnal ilmiah memang memakan waktu yang lama, bahkan bisa lebih dari sembilan bulan. Hal ini bergantung pada setiap tahapan dalam proses publikasi. Salah satu tahapannya yaitu melakukan review terhadap isi dari jurnal ilmiah tersebut.

Bila Anda menginginkan proses publikasi yang cepat maka carilah penerbit yang tentunya terbaik. Selain itu, yang paling penting adalah mencari penerbit yang sedang membuka Call of Paper. Umumnya, penerbit yang membuka Call of Paper akan memproses publikasi jurnal Anda dengan cepat.

Tetapi, publikasi melalui penerbit pastilah berbayar. Jika Anda ingin mempublikasikan dengan gratis, maka bergabunglah dengan asosiasi sesuai bidang ilmu penelitian Anda. Bekerja sama dengan asosiasi akan memangkas biaya publikasi jurnal ilmiah Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mempublikasikan jurnal ilmiah Anda secara pribadi. Artinya, Anda mempublikasikan jurnal secara langsung melalui platform digital publikasi jurnal ilmiah. Dua platform yang bisa Anda pilih yaitu Sinta dan Google Scholar. Pilihlah penerbit serta platform yang tepat bagi jurnal Anda.