Dampak Buruk Junk Food Bagi Kesehatan

/

Siapa sih nggak kenal dengan junk food? Setiap orang banyak yang menyukai makanan ini. Junk food atau yang biasa kita kenal dengan makanan instan atau makanan cepat saji kini telah berkembang pesat di perusahaan makanan di seluruh Indonesia.

Tentunya makanan cepat saji banyak diminati karena dianggap lebih efektif terhadap waktu, mudah ditemukan, enak, serta harganya juga beragam mulai dari yang murah hingga yang mahal. Padahal sebenarnya makanan saji memiliki beberapa dampak buruk bagi kesehatan kita.

Mengapa? karena makanan cepat saji memiliki kandungan zat-zat yang bahaya. Contohnya mie instan yang mengandung zat-zat seperti lilin. Bukan hanya itu saja, makanan cepat saji juga mengandung bahan pengawet penyedap rasa  yang sering disebut dengan sebutan micin. Hingga zaman sekarang sering disebut dengan generasi micin.

Walaupun junk food sudah diketahui memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan,  sampai  sekarang masih banyak diminati kalangan anak-anak, remaja, bahkan dewasa. Masyarakat lebih suka mengkonsumsi makanan junk food dibandingkan dengan makanan Indonesia karena banyak dari mereka merasa malu untuk mengkonsumsi makanan tradisional Indonesia seperti  gado-gado, siomay, cimol dan masih banyak lagi dan tentunya masih lebih murah dan sehat dibandingkan dengan makanan junk food yang berasal dari negara barat.

Hal itu dikarenakan makanan junk food terkesan lebih modern yang nampak dari restoran-restorannya seperti KFC, Texas, McDonald, Pizza Hut, AW, yang tempatnya lebih menarik ketimbang makanan yang ada di pinggir jalan seperti warteg. Padahal makanan di warteg sudah pasti dibuat pada hari itu juga karena jika besok dijual lagi pastinya sudah basi dan tidak dapat dikonsumsi lagi. Bagaimana dengan KFC atau McDonald atau yang lainnya? Coba saja kamu simpan makanan tersebut selama satu minggu di lemari atau di kulkas. Bentuk dan rasanya tidak jauh berubah dari awal kamu beli makanannya.

 

Menurut penelitian beberapa dampak buruk akibat dari junk food cepat saji yang berbahaya bagi kesehatan yaitu :

  1.  Meningkatkan risiko penyakit jantung
  2. Kanker Kolorektal
  3. IQ rendah pada anak
  4. Obesitas 
  5. Menyebabkan kerusakan sel pada otak
  6. Ingatan yang lebih buruk karena setelah makan junk food dapat menghambat kerja Hippocampus dan menyebabkan peradangan. Hippocampus merupakan tempat pembentukan dan penyimpanan memori jangka panjang. Jika terus-terusan terhambat maka akan mudah pikun.

 

Untuk itu marilah kita memperhatikan asupan makanan dalam tubuh. Pilihlah makanan yang sehat dan bergizi karena tidak semua makanan yang kita konsumsi berdampak baik bagi kesehatan. Jika kita memilih bahan serta cara pengolahannya yang benar dan kandungan gizinya mencukupi kebutuhan tubuh kita, maka makanan tersebut tergolong dalam makanan yang baik. Begitupun sebaliknya jika kita salah memilih makanan, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan kita. Segera kunjungi blog synergyofficial untuk info lengkap lainnya.