Catat, Ini Dia Masalah Utama Pengelolaan Sampah yang Ada di Indonesia

/

Terjadinya banjir di beberapa wilayah saat ini salah satu penyebabnya ialah karena curah hujan yang tinggi, ditambah lagi dengan pengelolaan sampah yang kurang memadai. Hal ini pun diakui oleh Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang menjelaskan kalau Indonesia masih memiliki masalah dalam pengelolaan sampah, ia pun mengatakan kalau ada beberapa masalah utama pengelolaan sampah di Indonesia, antara lain ialah :

Masalah sampah memang masalah semua pihak. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah perilaku dari masyarakat. Hasil survei yang dilakukan oleh BPS pada tahun 2018 menyebut kalau ada 72% masyarakat yang peduli tentang pengelolaan sampah.

Yang kedua adalah masalah sampah plastik yang semakin banyak di Indonesia lalu ketiga adalah kurangnya kapasitas pemerintah daerah dalam melakukan pengelolaan sampah secara baik dan benar. Terkadang masyarakat sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memisahkan sampah yang ada pada tempat sampah outdoor, tapi seringkali dari pihak petugas kebersihan yang mencampur sampah kembali.

Pengelolaan sampah yang ada di Indonesia memang perlu dipacu supaya berjalan dengan cepat dan tepat, hal ini mengingat jumlah sampah yang dihasilkan terus meningkat setiap harinya yang akhirnya menjadi masalah lingkungan hidup.

Pengelolaan masalah sampah memang memiliki kaitan erat dengan masalah lingkungan hidup. Jika kita memiliki kondisi lingkungan yang bersih dan sehat maka akan berdampak baik pada kesehatan.

Karena itu pengelolaan sampah pun menjadi suatu investasi yang harus dilakukan. Selain sebagai investasi, pengelolaan sampah pun harus dilihat sebagai sesuatu hal yang darurat.

Biaya pengelolaan sampah tentu akan cukup tinggi dan ini pun tentunya berlaku di negara-negara maju yang menerapkan pengelolaan sampah. Perhitungan ini tergantung dari jumlah sampah yang akan diolah dan teknologi yang dipakai untuk mengelola sampah.

Semua pihak memang harusnya turut andil dalam melakukan kerja sama, bukan hanya masyarakat saja atau pemerintah saja. Tapi keduanya bisa bekerja sama untuk pengelolaan sampah yang ada di Indonesia supaya tumpukkan sampah di Indonesia bisa berkurang jumlahnya.