Cara Transfer Data dari HP ke Laptop lewat Wifi

/

Adakalanya kita perlu mengirim data dari HP ke Laptop dan juga sebaliknya. Beberapa cara bisa digunakan, termasuk menggunakan jaringan WiFi. Di situasi tertentu mengharuskan kita harus mentransfer data dari perangkat satu ke perangkat lainnya seperti dokumen, foto, video, lagu, aplikasi dan jenis file yang lain. Kebanyakan mengirim data dari Hp ke laptop dengan memanfaatkan kabel data. Hanya saja sering kabel data hilang entah ke mana saat dibutuhkan.

Kecuali memanfaatkan kabel data, pengguna pun bisa dengan mudah mengirim data dari Hp ke laptop via jaringan Wireless alias WiFi. Bagaimana cara transfer data dari hp ke laptop lewat wifi? Menurut blog semuatipe.com, pengguna memerlukan bantuan aplikasi khusus yang pilihannya bisa dilihat di bawah ini :

cara transfer file dari hp ke laptop lewat wifi

SHAREit

Inilah pilihan aplikasi transfer file terbaik untuk ponsel Android. Cara kerjanya simpel yaitu memanfaatkan jaringan hotspot WiFi tersendiri untuk mengoneksikan perangkat pengirim dan penerima. Cara transfer data dari hp ke laptop lewat wifi ini tak memerlukan kuota internet. Lebih dulu aktifkan aplikasi SHAREit baik di HP maupun laptop. Sesudah itu pada Shareit di Hp ketuk tombol Send. Pilih file mana yang hendak ditransfer ke laptop bisa dalam bentuk dokumen, gambar, video, foto, film, lagu, aplikasi, atau jenis file lain. Ketuk tombol Send untuk melanjutkan.

Aplikasi SHAREit di Hp akan memindai sinyal Shareit yang dipancarkan laptop. Sesudah Shareit di Hp mendeteksi sinyal laptop, ketuk Connect PC untuk mengkoneksikan antar kedua perangkat. Berikutnya ketuk Go. Selanjutnya masuk ke aplikasi Shareit di laptop untuk mengecek apakah sinyal dari Shareit Hp sudah diterima. Setelah kedua perangkat saling terkoneksi lewat jaringan Wifi maka biasanya file langsung terkirim ke laptop. Pengguna tinggal klik tombol Terima di aplikasi Shareit laptop dan otomatis file berhasil disimpan di folder Shareit di laptop. Inilah cara paling mudah saat pengguna ingin mengirim file antar Hp Android maupun ke perangkat komputer atau laptop.

AirDroid

Opsi lain cara transfer data dari hp ke laptop melalui wifi yaitu dengan aplikasi AirDroid. Selain Shareit, aplikasi yang satu ini pun cukup populer bagi pengguna Hp Android. Kecuali berfungsi untuk mengirim data dari Hp Android ke komputer atau sebaliknya, AirDroid pun dapat diaplikasikan untuk membuka file di Hp Android dari laptop. Aplikasi ini bisa mengirim data memanfaatkan jaringan apa saja apakah itu WiFi juga Bluetooth.

AirDroid bisa dipakai untuk mengirim file tanpa perlu jaringan internet. Instal dulu aplikasi ini di Hp Android dan juga di laptop. Buka aplikasi AirDroid di Hp dan laptop. Sesudah itu masuk memakai akun AirDroid yang dimiliki. Namun bila belum punya akun AirDroid maka pengguna harus registrasi lebih dulu. Bilamana AirDroid di laptop dan Hp sudah login menggunakan akun sama, langsung Hp Android akan terdeteksi di AirDroid laptop. Pengguna kini sudah bisa mengirim file antar keduanya dengan memilih file yang akan ditransfer.

Pushbullet

Berikutnya pengguna bisa memanfaatkan aplikasi Pushbullet ketika ingin mentransfer atau menerima file dari Hp ke laptop maupun sebaliknya. Aplikasi ini tak cuma bisa difungsikan untuk transfer file dari Hp ke laptop akan tetapi juga dapat untuk menerima pemberitahuan aplikasi dan SMS dari Hp Android ke laptop. Pengguna pun bisa menuliskan kemudian mengirimkan pesan dari laptop.

Aplikasi Pushbullet pun bisa berjalan menggunakan ekstensi browser Opera, Chrome, maupun Firefox. Pertama yang harus dilakukan adalah memasang aplikasi Pushbullet di kedua perangkat. Kemudian buka aplikasinya baik di Hp Android maupun laptop. Selanjutnya log-in memakai akun yang sama. Bilamana belum punya akun Pushbullet maka pengguna harus melakukan registrasi lebih dulu di salah satu perangkat. Apabila akun sudah dimiliki dan login, untuk mentransfer file pengguna cukup klik simbol attachment lalu tentukan file mana yang hendak dikirimkan.

Resilio Sync

Cara transfer data dari hp ke laptop via wifi berikutnya adalah memanfaatkan aplikasi Resilio Sync. Resilio Sync adalah pilihan lain aplikasi untuk mentransfer data menggunakan teknik peer to peer buatan BitTorrent. Teknik tersebut bermanfaat untuk mempersingkat waktu transfer file. Dikembangkan berdasarkan protokol berbagi file p2p BitTorrent, Resilio bisa dengan mudah mengubah skala mentransfer file dengan cepat antara 100an server, jutaan file, dan hingga ukuran TB data.

Resilio Sync pun tak memakan kuota internet saat sedang mengirimkan file dari Hp ke laptop maupun sebaliknya. Tool ini akan menciptakan cloud pribadi bagi kedua perangkat sehingga bisa saling terkoneksi satu dengan yang lain. Lebih dulu pengguna harus mengunduh dan memasang aplikasi Resilio Sync di Hp dan laptop. Sesudah terinstal, buka aplikasinya lalu koneksikan HP ke Laptop. Bilamana kedua perangkat telah terkoneksi, pengguna sudah dapat mulai mentransfer file.