Cara Praktis Memperbaiki Komputer Tidak Bisa Booting

/

Cara Praktis Memperbaiki Komputer Tidak Bisa Booting | Komputer tidak bisa booting menjadi salah satu persoalan yang sering sekali terjadi. Beberapa kasus yang sering di dapatkan seperti komputer tak dapat booting dan ada tampian di layar error, komputer dapat booting tidak lama kemudian layar berwarna biru atau komputer dapat booting terus restart kembali.

Guna mengidentifikasi dan mencari solusi mengenai persoalan yakni komputer yang tak dapat booting, akan saya tuliskan informasi yang berguna untuk siapa saja dan dapat dipraktekkan sendiri. Pastinya setiap kasus yang ada ini bisa berbeda – beda solusi dan masalahnya. Simak di bawah ini detainya.

1. Komputer mati total

Bila dalam kondisi ini dapat di pastikan bahwa komputer tidak akan pernah bisa booting sama sekali. Untuk itu yang pertama kali perlu di cek adalah PSU. PSU ini akan mengalirkan arus ke semua komponen yang ada. Cek semua yang ada mulai dari kabel yang terhubung dengan listrik PLN. Juga kabel yang menghubungkan dengan monitor juga kabel lainnya. Pastikan di pasang kencang dan tepat.

2. Problem BIOS

Masalah pada bios ini bisa memberi dampak buruk pada komputer seperti komputer diam saja dan tak mau booting. Ini bisa di perbaiki kembali dengan cara mereset BIOS komputer sendiri. Contohnya seperti bila sja kipas prosesor atau vga bergerak tapi pc sendiri belum mau menyala bisa jadi pada BIOSnya ini ada yang perlu di perhatikan secara lebih dan bisa juga motherboard sendiri yang rusak.

3. Hardisk tidak terdeteksi

Harrdisk tidak dapat terdeteksi biasanya akan memberi pesan Disk Boot Failure pada layar monitor. Ada beberaoa cara yang bisa di lakukan untuk memperbaiki sehingga dapat normal lagi.

A. Cek kabel IDE atau SATA pada HD

Kabel ini harus terpasang dengan baik dan benar. Portnya sendiri tidak akan tertukar dengan posisi kabel yang ada. Untuk port IDE yang di pasang hanya 1 kabel saja. Lihat posisi jumper untuk menjadikan sebagai slave atau master. Dan jangan sampai tertukar.

Bila sudah di pasang, lihat lagi pad settingan biosnya sudah terdekeksi atau belum. Lakukan cek satu demi satu. Bila kondisi sama saat di bolak balik maka isa jadi HD yang ada ini bermasalah / rusak. Mengetes rusak atau tidak salah satunya dengan memegang HDnya, bila masih bagus atau hidup maka getaran akan terasa di tangan.

4. Karena Memori dan VGA Card.

Pernah mengalami komputer mengeluarkan bunyi beep berulang ulang? Selain itu pada monitor tetap sama saja alias blank. Bila ini terjadi bisa saja RAMnya bermasalah. Lakukan pengecekan dengan langkah seperti ini:

A. Ambil RAMnya yang ada lalu pasang kembali di bagan slost yang berbeda.

B. Kalau RAMnya ada 2 sisakan sajakan 1 dulu yang perlu di coba. Test satu demi satu. Bila setelah di pindah slot ternyata masih bunyi segera untuk membersihkan bagian pin menggunakan penghapus. Gosok hingga bersih lalu pasang kembali. Kalau pun masih bunyi coba ganti RAM lainnya.

5. Overheating

Overheat salah satu persoalan yang sering sekali terjadi pada komputer. Suhu panas yang berlebihan akan memberi dampak buruk. Hal yang sering terjadi adalah komputer akan restart lagi bahkan tidak mau booting.

Lalu bagaimana cara menyelesaikanya agar dapat bekerja dengan baik kembali??

Lihat apakah heatsing dan kipas pressornya masih berfungsi dengan baik. Hal yang sering terjadi adalah pada bagian ini banyak debu Debu ini sangat menggangu proses pembuangan panas dari prosesor yang ada. Untuk itu bersihkan hingga bersih.Bila mana bisa ke bagian BIOS, maka bisa di lihat berapa temperaturnya.

6. OS problem

Bila sistem operasi mengalami masalah seringnya ada tulisan paa layar monitornya sendiri yang mengatakan bila file rusak/ hilang / corupt. Lalu bagaimana mengetahui dengan jelas:

A. Lihat RAM. Bia ada 2 keping dan satunya tidak sesuai maka akan muncul istilah corupt pada monitornya. Solusinya lepas salah satu RAMnya.

B. Bisa dengan merepair windowsnya sendiri. Tetapi bila masih belum normal lagi, maka jalan terakhir adalah menginsall ulang windows komputer sendiri.

Untuk melakukan repair atau install ulang windows ini tidak bisa di lakukan oleh sembarang orang di butuhkan seseorang yang memiliki pengalaman. Sebab bila salah maka taruhannya adalah data.

Memanggil teknisi jasa service komputer merupakan pilihan yang baik sekali. Di samping mereka juga berpengalaman mereka jaga bisa membantu memperbaiki kinerja komputer sehingga menjadi jauh lebih baik.

 Hampir di setiap kota di indonesia ini ada jasa perbaikan pc apalagi kota besar seperti jakarta. Jasa service komputer jakarta di cari sekali saat komputernya bermasalah. Layanan yang baik sangat di perlukan sekali agar customer menjadi nyaman. Sehingga bila memberikan tarif jasa yang tidak murah klien pun akan tetap membayarnya di karenakan bukan hanya diperbaiki saja tapi juga mendapatkan ilmu menarik lainnya.