Cara Pasang Kamera CCTV Langsung Ke TV

/

Salah satu alat keamanan yang sebenarnya wajib dimiliki oleh setiap rumah adalah CCTV. Ini adalah alat yang digunakan untuk memantau keadaan sekitar rumah dan mengintai siapapun yang ada di hadapan kamera tempat CCTV tersebut dipasang. Dengan demikian maka pemilik CCTV dapat memantau secara seksama bagaimana kondisi lingkungan sekitar.

Biasanya CCTV memerlukan perangkat-perangkat tambahan supaya hasil rekaman kamera CCTV dapat masuk ke TV. Namun pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara memasang kamera CCTV langsung ke TV tanpa memerlukan alat bantu perekam.

Namun sebelum kita membahas bagaimana caranya, kita akan membahas bagaimana cara kerja CCTV terlebih dahulu agar nantinya anda dapat memahami cara pasang kamera CCTV langsung ke kamera lebih baik.

Dalam menjalankan tutorial ini, CCTV yang dipakai adalah CCTV yang memiliki kamera 4 in 1 dan nantinya anda mesti mengubah kamera CCTV ini dalam mode CVBS. Selain itu, anda juga memerlukan beberapa perangkat tambahan yaitu: Jack BNC, Jack RCA, Adaptor 2A 12 volt DC, Jack DC male dan female, dan Kabel power RG59 plus power.

Untuk pemasangannya tidaklah begitu sulit, pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memasangkan jack BNC dengan jack DC male. Setelah terhubung, yang harus anda lakukan adalah pasang kabel RG59 plus power ke monitor anda dan pada ujungnya disambungkan dengan jack RCA dan juga jack DC female. Terakhir anda harus memasangkan RCA ke port jack TV dan pemasangan pun telah selesai.

Gambar yang ditangkap oleh CCTV akan langsung muncul pada layar TV anda secara live dan ini bisa dilakukan tanpa alat perekam. Meskipun bisa menggunakan cara ini, namun kelemahan dari cara ini adalah gambar yang dihasilkan menjadi kurang bagus dibandingkan dengan menggunakan alat perekam. Memang alat perekam dikhususkan untuk fungsinya merekam sehingga hasilnya pun akan jernih.

Untuk penggunaannya tergantung pada kebutuhan, jika kualitas yang dihasilkan kurang bagus, maka anda sebaiknya menggunakan alat perekam dan jika dirasa gambar yang dihasilkan cukup bagus, maka tidak perlu.