Cara Menghapus Akun Google di HP Samsung J2 Prime dengan Mudah dan Aman

/

Salah satu ponsel buatan samsung yang cukup populer di pasaran adalah J2 Prime yang terkenal menawarkan spesifikasi menarik dengan harga yang terjangkau. ponsel yang diperkenalkan pada November 2016 ini juga banyak diperjual belikan dalam kondisi second-hand alias bekas karena memang masih memiliki harga yang terbilang anteng dibanding produk dari brand lain di kelasnya. Termasuk Anda yang mungkin saat ini berencana untuk menjual Samsung J2 Prime kesayangan. Namun perlu diingat bahwa Anda perlu menghapus akun Google terlebih dahulu sebelum menjualnya.

Pentingnya Menghapus Akun Google pada Ponsel Samsung Sebelum Dijual

Cara Menghapus Akun Google di HP Samsung J2 Prime

Untuk mencegah penyalahgunaan akun, Anda memang sebaiknya menghapus akun Google pada ponsel yang tidak lagi Anda gunakan. Anda sebaiknya tidak asal melakukan factory reset pada ponsel Samsung Anda, tak terkecuali J2 Prime sebelum menjual atau memberikannya pada orang lain. Apalagi jika Anda tidak ingat alamat Gmail dan password-nya. Ini karena setelah Anda melakukan reset pabrik, ponsel tersebut akan dikenai perlindungan yang bernama Factory Reset Protection (FRP) yang meminta Anda untuk login kembali menggunakan akun Google sebelumnya agar dapat menggunakan J2 Prime tersebut.

Untuk itu, Anda harus menghapus akun Google dengan benar yaitu melalui menu Settings atau Pengaturan yang ada ponsel samsung tersebut. Dengan begitu, ponsel sudah tidak dikaitkan lagi dengan akun tersebut sehingga Anda bisa melakukan reset secara mudah meskipun Anda tidak tau password atau lupa. Ini karena Anda dianggap melakukannya secara sengaja atau sadar, berbeda dari cara reset secara paksa yang bisa saja diduga dilakukan oleh orang lain yang mencuri atau menemukan ponsel Anda dengan niat jahat.

Perhatikan Ini Sebelum Menghapus Akun Google !

Perlu Anda ketahui pula bahwa dengan menghapus akun Gmail pada samsung J2 Prime tersebut akan menghilangkan data terkait layanan Google yang Anda gunakan sebelumnya. Jika Anda merasa data tersebut penting, usahakan untuk melakukan backup atau sinkronisasi terlebih dahulu sebelum menghapus akun tersebut dari ponsel Anda. Pastikan pula proses pencadangan data atau sinkronisasi tersebut selesai dengan sempurna.

Menghapus akun Gmail pada ponsel akan menghentikan penggunaan layanan Google yang Anda gunakan sebelumnya yang Anda akses menggunakan email tersebut. Layanan Google yang akan dihentikan pada samsung J2 Prime tersebut diantaranya layanan backup dan sinkronisasi email (Gmail), Playstore, Maps, kontak, kalender, Youtube, Google Foto, riwayat browsing di Google Chrome dan sebagainya yang berhubungan dengan Google. 

Akun Google yang dihapus dari ponsel Samsung J2 Prime tersebut tidaklah hilang, hanya tidak dihubungkan lagi dengan ponsel tersebut. Jadi Anda masih bisa login kembali menggunakan ponsel lain ataupun melalui komputer baik menggunakan aplikasi maupun dari browser untuk mengakses data akun Anda. cukup masukkan alamat Gmail diikuti passwordnya saja atau pengaturan keamanan lain. Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data penting karena semua tersimpan di layanan Google Drive.

Cara Menghapus Akun Google di HP Samsung J2 Prime

Selain alasan akan menjual atau memberikannya pada orang lain, jumlah akun yang terlalu banyak terhubung ke J2 Prime juga menjadi alasan mengapa Anda perlu menghapus akun Google. Akun yang terlalu banyak bisa saja menjadi beban tambahan bagi Samsung J2 Prime yang memiliki spesifikasi low-entry (terbatas) untuk penggunaan saat ini. Setidaknya ini untuk menghemat penyimpanan data aplikasi Gmail dan lainnya yang menggunakan akun Google tersebut.

Cara menghapus akun Google di HP Samsung adalah;

  • Buka menu "Pengaturan"  atau “Settings
  • Lihat bagian "Akun dan Pencadangan" atau “Accounts and Backup
  • Pilih menu "Akun" atau “Account” dan temukan akun Google yang ingin Anda hapus
  • Pilih akun tersebut, lalu klik "Hapus Akun" atau “Remove Account” dan konfirmasi pilihan Anda
  • Selesai

Berikut ilustrasinya..

Cara menghapus akun Google dari Ponsel Samsung

Cara Menghapus Akun Google di HP Samsung

Itulah cara menghapus akun Google di HP Samsung J2 Prime dengan mudah dan aman lengkap dengan beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum melakukannya.