Cara Melakukan Lucid Dream

/

Cara melakukan lucid dream pada dasarnya mudah, namun banyak yang salah dalam melakukannya. Cara melakukan lucid dream tidak sembarangan, seseorang haruslah dapat mengembangkan kemampuan personalnya untuk bisa sampai ke tahap lucid dream. Maksudnya seseorang telah mengembangkan pikiran, mengubah pola pikir, mengubah bagaimana mereka melihat dunia. Karena saat anda mempelajari lucid dream, anda akan melihat bahwa ternyata mempelajari lucid dream akan mengubah cara anda melihat dunia.

Cara melakukan lucid dream

lucid dream bukan merupakan kemampuan spesial yang hanya dimiliki beberapa orang saja karena faktor bawaan sebagaimana indigo. Ini terjadi kepada siapa saja bahkan pada orang yang sama sekali tidak pernah belajar tentang lucid dream. Namun jika anda tidak mengembangkan kemampuan lucid dream anda, anda tidak akan berkembang. Namun lucid dream bukanlah subjek yang sulit untuk dipelajari. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencapai kondisi lucid dream. Namun sebelum melakukan lucid dream, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan.

https://media02.hongkiat.com/photoshop-expert-landscape-manipulation/erik-almas-sleep.jpg

1. Kondisi siap tidur

Kondisi siap tidur artinya anda telah benar – benar ingin tidur bukannya sekedar ingin mencoba lucid dream saja. Jika hendak melakukan lucid dream, lakukanlah pada malam hari di waktu biasanya anda mulai tidur. Dalam melakukan lucid dream kondisikan tubuh anda dengan rileks, nyaman, dan dalam kondisi kamar yang gelap. Misalnya anda terbiasa tidur dengan kondisi terang, tetap sebaiknya gunakan lampu yang redup saja atau lebih baik matikan agar tubuh tersetting untuk siap tidur. Pada dasarnya tubuh menganggap cahaya sebagai tanda lingkungan masih siang dan sebaliknya gelap kondisi malam untuk tidur. Oleh sebab itu kondisi alami untuk tidur adalah kondisi gelap.

2. Lakukan cek realitas

Cek realitas maksudnya adalah mengecek apakah anda di dunia mimpi atau di dunia nyata. Mungkin anda menganggap bahwa cek realitas itu aneh, tanpa mengeceknya pun anda dapat memastikan anda bukan di dunia mimpi. Tetapi kenyataannya di dunia mimpi kita juga merasakan hal yang sama. Kita menganggap kita bukan di dunia mimpi saat di dunia mimpi. Itulah pentingnya cek realitas. Hal ini dimaksudkan justru agar anda senantiasa ingat pada saat di dunia mimpi. Jika anda sering melakukannya di dunia nyata, maka anda akan melakukannya juga di dunia mimpi. Ini yang menyebabkan ada sadar bahwa anda tengah bermimpi. Anda dapat menatap jam atau tulisan. Jika di dunia mimpi, tulisan atau jarum jam akan selalu berubah – ubah, dan inilah yang menjadikan anda lucid dream. Cara lainnya adalah dengan menggosokkan tangan, menusuk telapak tangan dengan jari, dan mendorong tembok. Di dunia mimpi, anda tidak merasa tangan anda saling menyentuh dan anda dapat menembus tembok yang anda dorong. Inilah yang akan menjadikan anda lucid dream.

3. Bangun dan tidur kembali

Biasanya setelah 1 kali REM (Rapid Eye Movement) akan mudah untuk mendapatkan lucid dream. Jadi pasanglah alarm dan bangun, lakukan aktivitas dan tidur kembali. Anda akan mudah mendapatkan lucid dream.

Itulah cara melakukan lucid dream.