Cara Cek Kesehatan Keuangan yang Mudah dan Cepat

/

Kenapa kita wajib cek kesehatan keuangan kita? Apakah ada metode yang mudah dan simple?

Melakukan cek kesehatan keuangan ini jadi berarti ketika Kamu membuat keputusan untuk mencapai tujuan keuangan. Untuk mengetahui cara mengecek keuangan lebih lanjut, yuk baca artikel ini selengkapnya!

 

Pentingnya Kesehatan Keuangan (Financial Health Check-Up)

Mengatur keuangan secara individu pasti mempunyai tantangannya sendiri. Banyak orang yang yakin bahwa mengelola keuangan perlu didampingi oleh mereka yang telah profesional dan bersertifikasi. 

Lalu, bagaimana Kamu mengelola keuangan dengan baik dan benar? Metode mengelola keuangan yang pas yang bisa Kamu amati pada foto di bawah ini, yakni metode memperoleh arus kas (cash flow) yang baik.

Cek Kesehatan Keuangan

Gambar di atas menunjukan bahwa kita sulit jika hanya mengandalkan gaji untuk memenuhi kebutuhan harian bahkan bulanan. Nyatanya kita sering menemukan sebagian kerabat kita yang masih perlu untuk berhutang agar memenuhi kebutuhan hidupnya.

Agar memiliki arus kas yang sehat Kamu wajib mulai mengelola keuangan dengan baik supaya tidak mengalami permasalahan keuangan yang bisa menjadi masalah di kehidupan Kamu kemudian hari. 

Bila Kamu hanya mengandalkan upah bulanan, Kamu akan menciptakan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan Kamu apalagi untuk menggapai financial freedom di masa depan.

Jika dilihat secara seksama gambar di atas, Kamu perlu meningkatkan hasil investasi serta mendapatkan pemasukan pasif. Hal itu pasti akan membuat Kamu lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan bulanan.

Jika hal tersebut Kamu lakukan, kemungkinan untuk memiliki utang dan masalah keuangan lainnya akan semakin kecil. Pertanyaannya saat ini adalah, jenis investasi dan seberapa banyak uang yang harus Kamu investasikan?

Untuk mengetahui hal tersebut, kamu wajib melakukan cek kesehatan keuangan terlebih dahulu bersama perencana keuangan yang tersertifikasi, agar rekomendasi yang kamu dapatkan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan keuangan yang ingin dicapai.

Jangan habiskan upah bulanan kamu untuk berinvestasi seluruhnya, karena kamu butuh biaya lainnya untuk memenuhi kebutuhan bulanan. Jika kamu habiskan, kamu akan kembali ke berhutang dan menimbulkan masalah keuangan baru lainnya.

Ketika sudah selesai mengecek kesehatan keuangan Kamu, Kamu akan jauh lebih mudah untuk mengetahui besaran dan jenis investasi yang akan kamu pilih.

Kamu pun bisa terlepas dari hutang yang mungkin kamu tidak rencanakan. Tidak hanya itu, dengan Kamu mengecek kesehatan keuangan, kamu akan menemukan penyebab dari masalah keuangan yang sedang dihadapi.

Kamu perlu mengetahui berapa banyak yang wajib Kamu hemat dengan jelas. Kamu akan lebih menguasai kondisi keuangan, yang Kamu butuhkan buat membuat keputusan yang lebih pas dalam keuangan Kamu.

Cek kesehatan keuangan memanglah sangat perlu untuk dilakukan, yang paling penting adalah kamu bisa mencapai tujuan keuangan di masa depan sesuai dengan hasil diskusi yang telah dilakukan dengan perencana keuangan kamu.

 

Cek Kesehatan Keuangan Kamu Saat ini!

Sebelum terlambat dan sebelum mempunyai masalah keuangan yang jauh lebih rumit, ada baiknya Kamu melaksanakan Financial Check Up mulai dari sekarang.

Jangan menunda untuk melaksanakan Financial Check Up Kamu agar tidak terjebak dalam masalah keuangan yang kamu tidak ketahui penyebabnya.

Yuk mulai melek dengan keuangan dari sekarang!