Budidaya Lele Organik Hasil Inovasi Produk Stockist NASA Area Magelang

/

Tingginya akan kebutuhan ikan lele di pasaran, menjadikan budidaya ikan lele saat ini banyak diminati. Ikan dengan ciri berkumis ini ternyata mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk kecerdasan otak. Untuk menambah hasil panen dan kualitas ikan lele, maka PT. Natural Indonesia atau NASA mengakomodir Stockist Nasa untuk ikut berkontribusi menciptakan produk dalam bidang perikanan.

NASA berinovasi menghasilkan produk dengan teknologi tinggi. Produk perikanan NASA dibuat dengan komposisi bahan alami sehingga aman digunakan. Pupuk TON dan POC Stockist NASA area Magelang adalah salah satu hasil inovasi produk  terbaru bidang perikanan. Mari untuk lebih jelasnya kita simak ulasan berikut!

Metode Budidaya Lele Organik

Ikan Lele sangat diminati oleh masyarakat. Selain rasanya yang enak, dagingnya juga lembut, serta durinya teratur. Lele dapat diolah menjadi beraneka macam hidangan masakan. Untuk menambah hasil panen ikan lele perlu metode khusus. Ada  tiga metode pembenihan ikan lele, yaitu sebagai berikut :

  • Metode Massal

Meletakkan lele jantan dan betina pada satu tempat dengan perbandingan tertentu. Tujuannya agar induk jantan bebas memilih pasangannya untuk kawin.

  • Metode pasangan

Meletakkan induk jantan dan betina pada tempat khusus. Ketepatan memilih pasangan yang pas akan menentukan keberhasilan.

  • Metode sistem suntik/ hyphofisasi

Memberikan suntikan ekstrak kelenjar hyphofise. Tujuannya agar lele melakukan proses ovulasi.

 

Cara Budidaya Lele Organik Oleh stockist NASA area Magelang

Cara untuk membudidayakan lele antara lain :

  • Membangun kolam

Melihat lahan yang tersedia, ada dua jenis kolam yang dapat digunakan yaitu kolam galian dan tangki. Kolam yang dibuat harus memiliki empat fungsi yaitu kolam tandon, kolam perawatan induk, kolam pemijahan atau penangkaran dan kolam pendederan.

  • Menentukan induk jantan

Ciri-ciri induk jantan antara lain bergerak lebih cepat, alat kelamin lancip, tulang kepala berbentuk cekung, warnanya lebih gelap.

  • Perencanaan Lahan

Proses perencanaan lahan meliputi pengeringan, pengapuran, pemberian TON (Tambak Organik Nusantara), serta pengisian air.

  • Pemijahan atau penangkaran

Tujuannya agar induk jantan dan betina bertemu untuk menghasilkan ovum dan sel sperma.

  • Proses evakuasi/ pemindahan

Ada 4 tahap yaitu:

  • Menurunkan kapasitas air pada kolam
  • Menyiapkan lahan penampungan yang berisi air
  • Menyeimbangkan temperatur
  • Mengangkat benih ke tempat penampungan
  • Pendederan

Pendederan merupakan proses perkembangbiakan lele sampai siap dipasarkan. Lele yang siap dipasarkan umumnya berukuran mulai 7 cm sampai 12 cm. Agar lele tidak mudah stres maka di atas kolam harus diletakkan plastik atau tanaman air sebagai penutup. Pada tahap ini lele mulai diberi pakan.

 

Cara memberikan Pakan

Pakan ikan lele ada 2 macam yaitu :

  • Pakan alami (usia lele <3 hari)

Berupa jentik-jentik, plankton, cacing dan kutu.

  • Pakan sintesis atau buatan (usia lele >3 hari)

Dalam pakan ini harus kaya akan nutrisi untuk proses perkembangbiakan lele. Untuk menaikkan kandungan nutrisi pakan maka pakan perlu dicampur VITERNA Plus atau POC stockist NASA area Magelang. POC  kaya akan protein dan vitamin. Fungsinya untuk menaikkan bobot lele, meningkatkan pertumbuhan dan menjaga sistem imun, sehingga lele tidak mudah mati.

 

Cara menjaga kualitas air

Agar mutu air tetap terjaga maka pemberian pupuk TON sangat dibutuhkan. Dalam TON terkandung komposisi aneka unsur mineral.  Manfaatnya yaitu untuk menyuburkan pakan alami, menetralkan  senyawa racun, menjaga kesehatan lele dari berbagai penyakit dan menciptakan ekosistem yang harmonis.

Demikian cara budidaya lele organik menggunakan TON dan POC Nasa dari stockist NASA area Magelang yang informasi selengkapnya bisa kunjungi website resminya di www.Stockist-Nasa.com. Meskipun komposisinya dari bahan organik, namun penggunaan produk tersebut juga harus hati-hati dan dengan dosis tepat. Sehingga lele yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi.