Bahan Alami Menjernihkan Minyak Goreng

/

Minyak goreng baik yang layak untuk digunakan memiliki warna jernih tanpa adanya perubahan warna menjadi kecoklatan. Jika Anda memiliki minyak goreng sisa yang dirasa masih layak digunakan ulang, tak ada salahnya mencoba gunakan daftar bahan berikut. Bahan alamiah ini pasti efektif menjernihkan minyak goreng sisa.

bahan alami menjernihkan minyak

Bahan Alami Menjernihkan Minyak Goreng

Gunakan Kepalan Nasi

Sisa minyak goreng bisa kembali jernih dengan mengandalkan nasi segenggam. Caranya usai menggoreng maka matikan kompor lalu tunggu hingga suhu minyak mulai turun. Setelah itu masukkan segenggam nasi yang telah padat dikepalkan.

Bolak-balik kepalan nasi tersebut dalam genangan minyak sisa penggorengan. Niscaya sisa kotoran bekas menggoreng akan mulai menempel pada permukaan kepalan nasi tersebut. Sekarang minyak goreng sisamu bisa disulap sekejap jadi semakin jernih.

Gunakan Potongan Kentang

Menggunakan potongan kentang untuk menjernihkan bekas minyak goreng juga sama efektifnya dengan menggunakan kepalan nasi. Anda cuma perlu mengupas kentang mentah serta potong menjadi beberapa bagian sama besar. Pastikan Anda juga telah mematikan api serta menunggu beberapa saat setelahnya.

Kemudian masukkan ke dalam sisa minyak goreng yang sudah agak dingin. Bolak-balikkan potongan kentang tersebut dalam wajan berisi minyak. Sisa kotoran yang membuat keruh minyak akan menempel pada potongan kentang. Bonusnya bau pada sisa minyak tersebut juga bisa sekaligus dinetralisir juga. 

Gunakan Bubuk Arang

Pernah terpikir tidak jika bubuk arang bisa menjernihkan minyak bekas? Ternyata bahan berwarna kehitaman ini sangat ampuh untuk membersihkan residu minyak bekas sehingga membuatnya kembali jernih tanpa keruh sama sekali. Bubuk arang memang terkenal mampu membersihkan banyak kotoran.

Cukup campurkan beberapa bagian bubuk arang pada bekas minyak goreng. Campurkan secara merata dan tunggu beberapa saat hingga bubuk tersebut mengendap bersama residu kotoran lainnya. Sesaat kemudian Anda bisa mulai menyaringnya hingga tuntas. Minyak goreng bekas kini berubah jernih kembali.

Setelah menyimak ulasan ini, semoga Anda bisa terbantu dalam hal penghematan urusan dapur ya. Seperti diketahui bersama kebutuhan minyak goreng memang senantiasa penting keberadaannya. Selamat mencoba, semoga berhasil.