Arsitektur Indonesia, Tak Kalah Dengan Negara Lain

/

Ilmu arsitektur memang sudah mulai muncul dari ribuan tahun yang lalu. Candi borobudur maupun candi-candi lainnya adalah salah satu contoh bahwa pada zaman tersebut ilmu arsitektur sudah diterapkan oleh para pendirinya. Bisa dibayangakan, berbagai stupa nampak tersusun rapi dan kokoh hingga detik ini juga, menandakan bahwa sebuah perencanaan pembangunan sudah mulai berkembang di zaman sebelum masehi.

Ya, itulah salah satu keindahan indonesia, dengan berbagai suguhan karya-karya bangunan yang memukau, menjadikan sebuah obyek wisata peninggalan hingga sekarang. Namun, jangan salah, masih ada banyak karya arsitektur Indonesia yang dibangun pada akhir tahun ini yang menjadi primadona sekaligus menjadi ajang promosi bagi setiap daerahnya, tentu dikenal dengan keunikannya dan nilai estetika yang tinggi. Penasaran dengan bangunan apa saja yang menjadi kebanggan kita semua?

Ini dia daftar bangunan arsitektur indonesia yang mendapat penghargaan mancanegara!

Sebagai warga negara Indonesia, kita patut berbangga karena banyak sekali talenta-talenta muda yang berhasil menciptakan berbagai bangunan yang menghasilkan nilai estetika dan tentu nilai fungsional yang tinggi. Tentu banyak sekali para arsitek yang memperjuangkan karya nya hingga diakui oleh masyarakat internasional. Ini adalah sebuah kebanggan untuk negara Indonesia, penasaran dengan bangunan arsitektur Indonesia yang mendapatkan penghargaan internasional?

1. Gedung Arsip Nasional

Jangan salah, bangunan ini mendapatkan piagam penghargaan pertama dengan kategori “Cultural Heritage Award” dari UNESCO. Ya, bangunan ini memiliki desain bergaya kolonial dan memiliki nilai estetika yang tinggi

2. Permukiman Kampung Code, Yogyakarta

Tak melulu tentang bangunan, sebuah karya arsitektur Indonesia yang berhasil menyulap pemukiman kumuh menjadi sebuah destinasi wisata warna-warni. Ya, penataan kampung code berhasil dilirik oleh dunia Internasional dan mendapatkan piagam penghargaan Aga Khan.

3. Rumah Botol

Siapa yang tak kenal dengan, Ridwan Kamil, seorang gubernur Jawa Barat menciptakan sebuah karya arsitektur yang menawan dengan material dasar botol bekas. Tentu hal unik ini menjadikan sorotan dunia internasional terkagum-kagum melihat kreativitas arsitek di Indonesia ini.

4. Perpustakaan “Microlibrary”, Bandung

Siapa bilang ember bekas es krim hanya dibuang? Seorang arsitek berhasil menyulapnya menjadi sebuah bangunan perpustakaan lengkap dengan berbagai fasilitas yang memukau!

 

Itu dia beberapa ulasan singkat mengenai karya arsitektur Indonesia yang berhasil dilirik oleh dunia internasional. Betapa hebatnya negara Indonesia memiliki banyak karya arsitektur yang memukau! Untuk bisa memiliki bangunan seperti di atas, ada baiknya Anda menyewa Jasa Arsitek kenamaan yang sudah malang melintang di dunia arsitektur, agar tidak kecewa pada hasil. Di rumahklasik.com/id, ada beberapa contoh bangunan yang sudah dibangun dari berbagai klien.