4 Manfaat Jurnal Penelitian Tindakan Kelas

/

Pada pembuatan jurnal, Anda harus bisa menentukan terlebih dahulu, penelitian apa yang menjadi acuan, agar tidak salah dalam menyusun. Salah satu contohnya adalah jurnal penelitian tindakan kelas yang cukup umum menjadi salah satu jenis penelitian di perguruan tinggi.

 

Penelitian Tindakan Kelas

PTK atau Penelitian Tindakan Kelas adalah sebuah penelitian tindakan dengan guru sebagai peneliti yang memiliki tujuan untuk memperbaiki mutu pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. PTK akan terfokus pada fenomena belajar mengajar dengan alami di kelas.

Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas

Sebelum Anda membuat jurnal tentang penelitian tindakan kelas, Anda harus mengetahui karakteristik PTK agar tidak keliru. Berikut karakteristik dari penelitian tindakan kelas.

  • Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memecahkan masalah pembelajaran, secara ilmiah.
  • Penelitian tindakan kelas merupakan bagian penting dalam hal upaya mengembangkan profesi guru dengan cara berpikir kritis dan sistematis. Hal ini juga bertujuan untuk membiasakan guru untuk mencatat dan menulis.
  • Persoalan yang menjadi dasar penelitian ini adalah fenomena yang nyata dan benar terjadi dan aktual. Sehingga hasil dari penelitian berfungsi untuk “mengobati” fenomena tersebut.
  • Penelitian ini akan berangkat dari persoalan sederhana, jelas, tajam, dan nyata yang ada di dalam kelas. Sehingga bukan penelitian yang bersumber pada fenomena yang mengada-ngada atau buatan.
  • Terdapat kerja sama antara pihak sekolah dan peneliti untuk pemahaman, kesepakatan, dan pengambilan keputusan, agar menghasilkan kesamaan tindakan.

 

Manfaat Jurnal Penelitian Tindakan Kelas

Jurnal penelitian jenis tindakan kelas sangat bermanfaat terutama untuk guru dan tenaga pendidik. Manfaat lainnya dari jurnal ini adalah sebagai berikut.

  • Menjadi laporan untuk bahan acuan bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu juga dapat menjadi sumber referensi bagi artikel atau penelitian ilmiah lain
  • Dapat menumbuhkan kebiasaan, tradisi, dan budaya untuk meneliti dan menulis penelitian di kalangan pendidik. Hal ini dapat meningkatkan kualitas dan profesionalisme.
  • Dapat mewujudkan kerja sama antar guru dan mengetahui isi dari penelitian yang dibuat jurnalnya. Sehingga hasilnya dapat berguna bagi sekolah tersebut.
  • Setelah diaplikasikan, dapat mewujudkan pembelajaran yang lebih menarik, nyaman, segar, dan melibatkan siswa karena menggunakan metode yang variatif.

 

Dengan memahami jurnal penelitian untuk tindakan kelas, masyarakat termasuk guru, tenaga pendidik, dan siswa dapat saling berkolaborasi demi pembelajaran yang lebih baik di dalam kelas. Jurnal penelitian tindakan kelas tentu sangat penting untuk perkembangan pendidikan di Indonesia.